Imam Masjid Raya Baiturrahman Aceh: Iskada Kader Pilihan

(Foto: Istimewa)

Banda Aceh, MINA – Penasehat dan Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman Prof Dr H Azman Ismail, MA, menyampaikan Ikatan Siswa Kader Dakwah (Iskada) sebagai kader pilihan yang berperan menyampaikan syiar Islam dan pengamalan syariat Islam dalam segala sendi-sendi kehidupan masyarakat.

“Iskada ini sudah tidak diragukan lagi kiprahnya, sejak dahulu hingga sekarang. Saya tak perlu sebut satu persatu tokohnya. Semua pasti tahu,” kata Guru Besar UIN Ar-Raniry tersebut saat menyampaikan tausiah dan nasehat dalam rangka memperingati Hari Jadi Iskada ke-50 tahun di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Ahad (5/2).

“Misalnya Drs H A Rahman Kaoy, sahabat saya yang dulu Dekan Dakwah di IAIN Ar Raniry, itu kemana-mana berdakwah. Istiqamah dengan Iskada. Makanya Iskada ini kader pilihan. Anak muda pilihan,” sambungnya.

Baca Juga:  Pemprov Sumbar Juara Umum Anugerah Adinata Syariah 2024

Prof Azman kemudian mengutip sebuah ayat Al-Quran dalam surat Al-Kahfi ayat 13 tentang kisah pemuda alKahfi, yaitu pemuda pilihan. Pemuda (fityan) yang diberi petunjuk oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Kami ceritakan kepadamu (Muhammad) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambahkan petunjuk kepada mereka”

“Mereka inilah pemuda yang berjalan di jalan Dakwah ilallah,” pungkasnya.

Peringatan Hari Jadi Iskada ke-50 Tahun ini ditandai pelaksanaan kenduri dan doa bersama yang dipusatkan di Masjid Raya Baiturrahman, diawali dengan Musyawarah Wilayah (Muswil) V Dewan Pengurus Wilayah Iskada Kota Banda Aceh.

Sementara usai shalat dzuhur berjamaah, dilanjutkan dengan kenduri syukuran bersama Keluarga Besar Iskada dan Keluarga Besar Masjid Raya Baiturrahman. Samadiah dan doa dipimpin Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Iskada, Drs Tgk Baharuddin, M.Si.

Baca Juga:  Haedar Nashir: Gerakkan Kebangkitan Nasional Bangun Kesadaran Berbangsa

Sementara Ketua DPP Iskada, Azwir Nazar menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih terutama kepada kepada Keluarga Besar Iskada dan Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

“Alhamdulillah, hari ini merupakan hari bersejarah. Ahad 5 Februari 1973 İskada lahir di Masjid Baiturrahman. Dan hari ini, Ahad 5 Februari 2023 setelah 50 tahun İskada memperingati Milad dan berdoa bersama kepada seluruh pejuang Dakwah di Masjid mulia ini,” sebut Azwir.

Karena itu kita patut bersyukur bahwa di usia Setengah Abad İskada ini masih dapat berkiprah untuk membina, melaksanakan dan mengembanhkan Dakwah Islamiyah.

Selain mendoakan para pendiri, pembina, keluarga besar serta kader, kita juga mendoakan para guru kita, para imam, muadzin dan keluarga Besar Masjid Raya yang telah mendahului kita baik saat era konflik, tsunami maupun karena sakit.

Baca Juga:  Ulama Terkemuka Aceh Waled Husaini Wafat

Sementara Muswil V DPW Iskada Banda Aceh berhasil memilih Tgk Deni Anjasmara, alumni Dayah Labuhan Haji sebagai Ketua Umum sekaligus Ketua Formatur yang didampingi Tgk Anwar Ridha, mantan Ketua RM Baiturrahman sebagai Wakil Formatur.

Acara silaturahmi tersebut dihadiri para Keluarga Besar İskada dari angkatan pertama 1973 hingga angkatan 48 training Dakwah tahun lalu. Selain itu juga Keluarga Besar Masjid Raya seperti para Khadam yang bertugas, security, karyawan Masjid, unsur BKPRMI, TPQ Plus, Remaja Masjid da lain lain.(R/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi