Imam Rulyawan: Millenial Jangan Takut Berwakaf Walau Sebotol Air Mineral

Jakarta, MINA – Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa (DD) Imam Rulyawan MARS mengatakan, sekarang adalah zaman millenial (zaman now), yaitu zaman perubahan.

“Millenial jangan takut  berzakat walaupun sebotol air mineral, secangkir kopi atau sebiji Zahrahpun sekalian pasti Allah hitung sebagai zakat,” katanya dalam acara “Talk show Zaman Now Connecting Good People,” Rabu (13/11), di Jakarta yang dimoderatori oleh Arie K. Untung.

Hadir sebagai narasumber Imam Rulyawan MARS (Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa), Shaima Hassan (Refiniv, Bahrain), Dik Doank (Public Figure), Oki Setiana Dewi dan dari Bank Indonesia.

“DD menyediakan aplikasi mudah berzakat bagi anak milenial. Selain kerjasama dengan bank kami juga menyediakan tabungan wakaf.com dan juga menyediakan semua urusan dalam satu genggaman pakai aplikasi MUMU (mustahiq muzakki dari menerima zakat menjadi pemberi zakat),” ucap Imam.

Ia menjelaskan, dengan gambaran. Ada secangkir kopi pahala mengalir, abadinya, temen-temen, anak-anak milenial dengan Rp15.000 dapat satu cangkir kopi anda bisa wakafkan uang dan tidak harus dengan jumlah yang besar.

“Data DD 2019, Januari sampai Oktober wakaf uang rata-rata satu bulan satu setengah sampai 2 miliar rupiah, 55% usia 20 tahun sampai 35 tahun mungkin sekitar Rp50.000 atau Rp60.000 rata dari kaum muda,” tambahnya.

Imam menyampaikan, menurut Charity Foundation sebuah lembaga sosial di London tahun 2018 merilis bahwa negara paling dermawan di dunia nomor satu adalah Indonesia. Pertama karena kemudahan dan kesenangan berdonasi. Kedua karena orang Indonesia sangat senang membantu. Ketiga. mudah menjadi volunteer.

Khusus bagi kaum millenial mainset bagi mereka adalah tanah, masjid, sekolah, madrasah dan lain-lain.

Padahal untuk berzakat banyak sekali cara. Dari Bank kita ingin mengubah bagaimana cara berzakat lebih mudah, yaitu yang lebih millenial dan digital.

Kaum millenial dan teman-tenam bisa wakaf satu rupiah, ada dalilnya ’til khoiyyarofamayya’mal mitsko ladzayah’ : walaupun  sekecil biji zakrah pasti Allah hitung sebagai wakaf.

Menurut Miftahul dari Bank Indonesia, sekarang zaman serba mudah. Melalui aplikasi kita bisa donasi, mau aplikasi DD, umum dan kami dari BANK Indonesia menyediakan aplikasi QR IS (Quick Response Indonesia Standar) yang warna ungu dan biru. (L/Gun/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)