Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Iman Syarat Sukses Mendidik Anak

Admin - Ahad, 29 Oktober 2017 - 13:29 WIB

Ahad, 29 Oktober 2017 - 13:29 WIB

551 Views ㅤ

Ike Hikmawati

Ike Hikmawati

Cimahi, MINA – Syarat sukses dalam mendidik anak yang sholeh dan sholehah adalah harus adanya iman dalam diri seorang ibu.

Hal itu disampaikan oleh aktivis muslimah Ike Hikmawati, pada Ahad (29/10), saat memberikan kajian Parenting Nabawiyah di Masjid Baitus Salam RT 06 RW 19 Kelurahan Padasuka, Cimahi yang diselenggarakan oleh Muslimah Learning Center (MLC), Bandung. Demikian yang dilaporkan kontributor MINA di Bandung, Siti Aminah.

Ike alumni Universitas Madinah itu mengatakan Allah tidak menyaratkan pendidikan tinggi bagi seorang ibu dalam al ummu madrasatun seperti harus lulus S3, S2 atau pun sarjana yang lain.

“Hajar tidak sekolah, tapi dari Hajar tumbuh generasi emas Nabiyallah yakni Ismail as,” kata Ike di depan 150 umahat dan fatayat (pemudi), Bandung.

Baca Juga: Dosen ITERA Sosialisasi Optimalisasi Produksi Minyak Kayu Putih di Ponpes Al-Fatah Lampung

Ike mengingatkan anak adalah titipan Allah, serahkan pada Allah, Allah yang akan memberi pertolongan terhadap semua urusan kita.

Acara yang diawali dengan tasmi 3 santri Kuttab Cimahi menyetorkan hafalan surat At-Tahrim dihadiri fatayat dari berbagai daerah seperti Sukabumi, Sumedang, Ujung Berung, Bandung Selatan, Dago dan Cimahi.

Pengisi radio MQFMI dengan tema Bincang Keluarga itu menyampaikan kunci utama dalam mendidik anak adalah iman. Iman adalah sumber agar dalam mendidik anak sesuai dengan perintah Allah dan contoh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wasallam.

“Anak adalah titipan Allah, serahkan pada Allah, Allah yang akan memberi pertolongan terhadap semua urusan kita” ungkap dia.

Baca Juga: Cuaca Buruk Landa Aceh, Sekolah Berlangsung Daring

Ike menambahkan, dalam menanamkan keimanan kepada anak, orang tua harus membekali tiga basis tauhid yakni, Allah bersamamu, Allah mendengarmu, Allah menyaksikanmu.

Selain itu konsep dalam parenting nabawiyah ini adalah adanya kerjasama dengan suami dalam mendidik anak, jauhi su’udzon atau buruk sangka, miliki jiwa yang tenang, dan memahami kondisi zaman.

Selain itu Ike meminta seorang ibu harus bisa menghilangkan dua penyakit yakni sombong dan marah.

Model efektif dalam mendidik anak menurut Ike adalah qudwah (keteladanan), pembiasaan, sampaikan kisah yang baik, berikan reward dan punishment, dan manfaatkan situasi dan peristiwa. (L/P3/RS3)

Baca Juga: Penyebab Gempa Garut Diduga Sesar Baru Pasirwangi

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Khadijah
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Internasional
MINA Health
Buah Semangka (foto: Site News/Twitter)
MINA Health