INASGOC : Media dan Broadcast Juga Merupakan Kunci Sukses Asian Games

Jakarta, MINA – Panitia Penyelenggara (INASGOC) menetapkan lima poin ukuran keberhasilan dalam  event olahraga terbesar setelah olimpiade ini.

Ketua INASGOC, Erick Thohir menjelaskan, dua di antaranya di bidang media melalui persepsi yang positif akan kesiapan dan penyelenggaraan, serta broadcast dengan kualitas siaran pertandingan yang punya standar tinggi.

“Oleh sebab itu, kami mengharapkan kerjasama dari media , internasional, dan nasional untuk terus memberikan dukungan dan masukan agar 2018 ini bisa mencapai target yang diinginkan,” kata Erick saat menyapa para tamu media pada malam Gala Dinner World Press Briefing (WPB) yang berlangsung di Jakarta, Senin (2/4).

Selain media dan broadcast, lanjut Erick, tiga ukuran keberhasilan INASGOC dalam penyelenggaraan perdana pesta olahraga bangsa Asia di dua kota ini terdapat pada upacara pembukaan dan penutupan yang bagus dan memukau sehingga menjadi kebanggaan; keramahan dan transportasi; serta teknologi informasi yang handal.

Ukuran sukses Asian Games 2018 terakhir yakni pertandingan olahraga yang berjalan lancar dan diakui internasional.

World Press Briefing (WPB) yang digelar dua hari Senin-Selasa (2-3/4) ini diikuti sekitar 200 media, termasuk 100 media asing dari berbagai belahan dunia, baik negara peserta Asian Games, maupun media yang mewakili kantor berita internasional.

Perwakilan media yang hadir berasal dari 25 negara, termasuk Qatar, Arab Saudi, Pakistan, Palestina, Laos, Jepang, Cina, Cina Taipei, Uzbekistan, Kazakstan, Laos, Vietnam, Iran, Malaysia, dan beberapa negara Asia lainnya, termasuk Kantor Berita MINA dari Indonesia yang terbit dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris, Arab). Hadir pula perwakilan media multinasional darii negara Non negara anggota Komite Olahraga Asia, seperti Reuters, AP, AFP.

Erick juga menyampaikan apresiasi kepada perwakilan media asing, baik dari negara-negara peserta Asian Games, maupun di luar Asia, dan juga media nasional yang telah melakukan tugas-tugas jurnalistiknya dalam kesuksesan Asian Games 2018.

“Saya berharap, Anda terpuaskan dengan informasi yang kami berikan selama acara ini. Harapan kami, kegiatan ini bisa mendapatkan banyak masukan dari Anda, yang sudah punya pengalaman meliput di berbagai event olahraga Asia dan Dunia agar Asian Games 2018 bisa berjalan lebih baik,” tuturnya.

Acara Gala Dinner World Press Briefing ditutup dengan penampilan angklung dari Saung Mang Udjo. Dalam kesempatan itu, para peserta diajak memainkan instrumen musik asal Jawa Barat itu secara bersama-sama.(L/R01/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.