India Kirim Obat-obatan ke Afghanistan, Taliban Ucapkan Terima Kasih

New Delhi, MINA – Untuk pertama kalinya sejak pengambilalihan pemerintahan Afghanistan oleh Taliban, pemerintah India mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan, yang terdiri atas dua ton obat-obatan.

Imarah Islam Afghanistan (IEA) yang diwakili oleh Taliban dengan cepat merespon bantuan tersebut dan mengucapkan berterima kasih kepada New Delhi.

Taliban mengatakan, hubungan India dan Afghanistan sangat erat dan proses ini akan terus berlanjut. Media India The Print melaporkan, Ahad (12/12).

Ahmadullah Wasiq, wakil juru bicara Imarah Islam Afghanistan (IEA), mengatakan dalam sebuah tweet, “India adalah negara terkemuka di kawasan ini. Hubungan Afghanistan-India sangat vital,” ungkapnya.

Bantuan mulai dikirim pada Sabtu (11/12) dari New Delhi ke Kabul dengan penerbangan khusus yang dioperasikan oleh Kam Air. Sebelumnya, penerbangan itu telah membawa 10 warga negara India dan 94 warga negara Afghanistan dari Kabul ke New Delhi pada Jumat (10/12).

Kementerian Luar Negeri India mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, “Mengingat situasi kemanusiaan yang serius di Afghanistan, Pemerintah India telah mengirimkan bantuan kemanusiaan yang terdiri dari pasokan medis dalam penerbangan Ahad ini. Obat-obatan ini akan diserahkan kepada perwakilan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Kabul dan akan diberikan di Rumah Sakit Anak Indira Gandhi, Kabul.”

Label pada pengiriman obat-obatan bertuliskan “Hadiah dari orang-orang India untuk orang-orang Afghanistan”.

Farid Mamundzay, Duta Besar Afghanistan untuk India mentweet bahwa obat-obatan yang menyelamatkan jiwa ini akan membantu banyak keluarga di Afghanistan dalam “masa sulit ini”. (R/P2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)