India Partisipasi Dalam Konferensi Perdamaian dengan Taliban

New Delhi, MINA – Delegasi berpartisipasi dalam konferensi perdamaian dengan yang disponsori oleh Rusia di Moskow, Jumat (9/11), suatu langkah yang langka terjadi.

Pemerintah New Delhi mengirim mantan Dubes India untuk Afghanistan Amar Sinha dan Dubes untuk Pakistan TCA Raghavan untuk menghadiri konferensi di “tingkat nonresmi” tersebut.

“India mendukung semua upaya perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan yang akan menjaga persatuan dan pluralitas, membawa keamanan, stabilitas dan kemakmuran bagi negara itu,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India Raveesh Kumar, demikian Al Jazeera melaporkan yang dikutip MINA.

“Kebijakan India yang konsisten adalah bahwa upaya-upaya semacam itu harus dipimpin oleh Afghanistan, milik Afganistan, dan dikuasai Afghanistan serta dengan partisipasi Pemerintah Afghanistan,” katanya.

Pemerintah Moskow mengatakan telah mengundang perwakilan dari Amerika Serikat serta Iran, Cina, Pakistan dan lima negara bekas republik Soviet di Asia Tengah.

Delegasi lima anggota Taliban dipimpin oleh Sher Mohammad Abbas Stanakzai, kepala dewan politiknya di Qatar untuk hadir di Moskow.

AS mengatakan akan mengirim perwakilan dari kedutaannya di Moskow untuk menghadiri pembicaraan hari Jumat itu.

Partisipasi India adalah keberangkatan mencolok dari posisi sebelumnya karena tidak pernah terlibat dalam pembicaraan formal dengan Taliban. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.