India-Rusia Bentuk Perusahaan Patungan Helikopter

Goa, , 14 Muharram1438/15 Oktober 2016 (MINA) – India dan hari Sabtu (15/10) mengumumkan rencana mendirikan perusahaan patungan untuk membuat helikopter di India, Ahram Online melaporkan seperti dikutip MINA.

Di samping itu, New Delhi juga akan membeli sistem rudal permukaan-ke-udara dari Moskow di tengah penguatan hubungan militer dua mantan sekutu Perang Dingin itu.

Pakta kerja sama tersebut ditandatangani setelah pertemuan puncak antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Negara Bagian Goa, India, tempat para pemimpin dari kelompok BRICS (Brasil, Rusia, India, Cina, Afrika Selatan) menggelar pertemuan.

Para pejabat militer India mengatakan, rencana pendirian perusahaan gabungan itu untuk membangun sedikitnya 200 helikopter Kamov yang dibutuhkan angkatan bersenjata, dan bagian dari upaya Modi membangun basis industri pertahanan di negara Asia Selatan tersebut.

Sementara sistem rudal permukaan-ke-udara S-400 dimaksudkan untuk memperkuat pertahanan India di sepanjang perbatasan dengan Cina dan Pakistan, pejabat militer India mengatakan. (P022/R01)

Miraj Islamic News Agency – MINA