INDIA SUKSES UJICOBA PELUNCURAN RUDAL BERKEMAMPUAN NUKLIR AGNI-1

Rudal berkemampuan nuklir Agni-1 sukses dalam ujicoba peluncuran
Rudal berkemampuan nuklir Agni-1 sukses dalam ujicoba peluncuran

New Delhi, 16 Shafar 1437/28 November 2015 (MINA) – India berhasil melakukan ujicoba peluncuran rudal darat-ke-darat buatan lokal Agni-I yang berkemampuan nuklir dari sebuah pangkalan militer di lepas pantai Negara Bagian Odisha, India timur, berbagai sumber menyatakan.

“Rudal tersebut diluncurkan dari Lapangan Ujicoba Terintegrasi Pulau Abdul Kalam, di lepas pantai Odissha, sebagai bagian lathan Komando Pasukan Strategis. Ujicoba peluncuran sukses,” kata sumber-sumber itu.

Rudal Agni-1, yang berdaya jangkau 700 km, mampu mengusung hulu ledak nuklir hingga seberat satu ton. Rudal sepanjang 15 meter dan berbobot 12 ton itu berbahan bakar padat dan cair, Mi’raj Islamic News Agency (MINA) melaporkan, mengutip kantor berita Kuna.

Uji-tembak terakhir Agni-I, yang dapat diluncurkan dari jalan raya dan  peluncur yang bergerak di atas rel, pada September 2014 juga menuai sukses.

Peluncuran  berlangsung sehari setelah India mengujicoba peluncuran rudal lainnya, yakni rudal berkemampuan nuklir buatan lokal Prithvi II, dari pangkalan militer yang sama. (T/R07/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0