Indonesia Ajak Vietnam Tingkatkan Peran Penyelesaian Masalah Rohingya

Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh di Hanoi, Senin (23/12) (foto: KBRI Hanoi)

Hanoi, MINA – Menteri Luar Negeri RI, Retno LP. Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Vietnam Pham Binh Minh di Hanoi, Senin (23/12). Pertemuan itu dilakukan dalam rangka konsultasi mengenai isu-isu ASEAN, termasuk masalah pengungsi Rohingya.

Perwakilan kedua negara bersepakat bahwa ASEAN perlu meningkatkan perannya dalam membantu penyelesaian masalah Rakhine State termasuk mempercepat proses repatriasi pengungsi dari Bangladesh secara suka rela, aman dan bermartabat.

Keduanya juga menyambut baik keterlibatan wakil ASEAN dalam Second High-Level Visit, 17-20 Desember 2020 di Cox’s Bazaar.

Retno menekankan pentingnya revisi kerangka acuan ASEAN Inter-Governmental Commission on Human Rights untuk mencapai mandat yang berimbang antara permajuan dan perlindungan hak asasi manusia di kawasan.

“Pertemuan ini juga merupakan momentum yang tepat karena Indonesia dan Viet Nam akan memperingati 65 tahun Hubungan Bilateral kedua negara tahun 2020. Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerjasama sekaligus penguatan kontribusi bagi stabilitas dan perdamaian di kawasan dan global” katanya.

Kedua negara adalah mitra strategis dan sepakat untuk terus mendorong implementasi Plan of Action periode 2019-2023, khususnya kerjasama ekonomi, peningkatan perdagangan bilateral, investasi, kemajuan dalam bidang air-connectivity, serta penyelesaian negosiasi Zona Ekonomi Eksklusif.

Menyinggung isu-isu selama keketuaan Vietnam pada ASEAN, juga dibahas mengenai inisiatif Indonesia untuk menindaklanjuti ASEAN Outlook on Indo-Pacific melalui penyelenggaraan “ASEAN-WEF Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum” pada pertengahan tahun 2020 di Jakarta.

Kedua perwakilan negara tersebut juga menekankan perlunya ASEAN untuk terus memajukan isu perempuan, perdamaian dan keamanan sebagai salah prioritas keketuaan Vietnam. (T/Sj/R06)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rendi Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.