Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia-Arab Saudi Tambah Rute Penerbangan Baru Jamaah Haji 2024

Hasanatun Aliyah - Jumat, 3 Mei 2024 - 16:52 WIB

Jumat, 3 Mei 2024 - 16:52 WIB

26 Views

Jamaah Haji Indonesia
Jamaah calon haji menggunakan jasa pesawat terbang (Foto: Jurnal Haji)

Jakarta, MINA – Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi memperluas kerja sama di bidang penerbangan, termasuk menyepakati penambahan rute penerbangan baru Indonesia-Arab Saudi maupun sebaliknya, untuk jamaah haji tahun 2024.

Kerja sama ini diresmikan dalam penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dengan Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Tawfiq Bin Fawzan Al-Rabiah saat pertemuan bilateral di Jakarta, Selasa (30/4/2024).

“Saya berharap penandatanganan jadwal rute baru ini akan meningkatkan jaringan maskapai penerbangan Indonesia dan Arab Saudi serta memfasilitasi hubungan yang lebih baik antara kedua negara” kata Menhub Budi Arya dikutip Jumat (3/5).

Sebelumnya Kementerian Perhubungan serta Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menandatangani MoU yang mengatur hak-hak angkutan udara pada tahun 2017.

Baca Juga: Periset BRIN Jadi Ilmuwan Top Dunia

Melalui pertukaran nota diplomatik, Kemenhub menyampaikan usulan perubahan terkait Air Safety, Aviation Security dan Authorizations and Designation, termasuk usulan rute baru untuk penerbangan komersial antara Indonesia dan Arab Saudi.

Lalu pada amandemen tahun 2024 ini, rute penerbangan dari seluruh bandara internasional di Arab Saudi dapat mendarat di bandara Indonesia antara lain Jakarta, Surabaya, Makassar dan Denpasar.

Sebaliknya, rute penerbangan dari seluruh Bandara Internasional di Indonesia dapat mendarat di Jeddah, Riyadh, Dammam, Madinah, dan Taif.

Selain itu, Menhub juga meminta dukungan bagi Garuda Indonesia untuk menambah slot time pada musim haji serta memindahkan terminal dari Terminal Haji ke Terminal 1 di Bandara Internasional Raja Abdulaziz-Jeddah.

Baca Juga: Gubernur Jambi Al Haris Melayat ke Rumah Duka Prof Asad Isma

Menhub juga meminta dukungan maskapai Garuda Indonesia untuk menambah slot time pada musim haji serta memindahkan terminal dari Terminal Haji ke Terminal 1 di Bandara Internasional Raja Abdulaziz-Jeddah.

“Kami meyakini jika hal ini dilakukan, penerbangan haji tahun ini akan lebih lancar,” tambah Menhub. (R/R5/B04)

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Kafilah MTQ Jateng Terima Tali Asih dari Pj Gubernur

Rekomendasi untuk Anda

Haji 1445 H
Haji 1445 H
Haji 1445 H
Haji 1445 H