Indonesia – Armenia Dorong Kerja Sama Ekonomi

Jakarta, 2 Shafar 1438/2 November 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno L.P. Marsudi mengatakan kerja sama ekonomi dengan Armenia akan terus ditingkatkan.

“Hubungan bilateral ekonomi Indonesia dan Armenia setiap tahunnya selalu didorong untuk terus meningkat,” kata Menlu Retno ketika menerima kunjungan Menlu Armenia, Edward Nalbandian, di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Indonesia, Selasa (1/11), demikian keterangan pers Kemlu.

Menlu Nalbandian telah dua kali melakukan lawatan ke Indonesi pada tahun ini. Hal ini menunjukkan posisi Indonesia yang strategis dalam hubungan bilateral kedua negara. Pada kesempatan pertemuan, kedua Menlu membahas berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk memperkuat hubungan biletaral ekonomi.

Dalam pertemuan bilateral juga dibahas kemungkinan kerja sama lebih dalam dalam konteks Eurasian Economic Union (EEU). “Saling kunjung pengusaha Indonesia dan Armenia, serta mendorong perdagangan langsung untuk komoditas tertentu adalah salah satu cara efektif dalam meningkatkan perdagangan,” ujar Menlu RI.

Selain kerja sama ekonomi, kedua Menlu juga membahas kerja sama bilateral di bidang budaya, pendidikan serta pariwisata dan membahas isu global yang menjadi perhatian kedua pihak.

Kedua Menlu juga sepakat masih banyak ruang yang dapat digali lebih jauh dalam berbagai bidang kerja sama, seperti penandatanganan persetujuan bebas visa bagi pemegang paspor diplomatik atau paspor dinas serta MoU Saling Kerja sama antar Kemlu untuk meningkatkan people-to-people contacts.

Armenia adalah negara yang dapat menjadi pintu masuk produk Indonesia ke pasar non-tradisional di kawasan Eurasian Economic Union (EEU). Armenia merupakan mitra dagang RI ke-21 di Eropa Tengah dan Timur. Nilai perdagangan bilateral pada 2015 mencapai USD 2,67 juta, surplus di pihak Indonesia, sebesar USD 2,66 juta dan pada 2014 mencapai USD 4,29 juta, surplus di pihak Indonesia: USD 4,29 juta.

Ekspor Utama RI ke Armenia antara lain adalah kopi, teh, rempah-rempah, kertas dan karton, karet alam dan produk turunannya. (T/R05/R03)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.