Indonesia Bangun Fasilitas Kesehatan Islamic Center di Afghanistan

Photo: Kemlu

Kabul, 27 Rajab 1438/24 April 2017 (MINA) – Duta Besar RI untuk Afghanistan Arief Rachman menyampaikan, pemerintah Indonesia akan segera memulai pembangunan fasilitas kesehatan di dalam kompleks Indonesia Islamic Center (IIC)

Permbangunan fasilitas kesehatan di dalam kompleks ICC tersebut merupakan bagian dari kelanjutan dari komitmen Indonesia kepada pemerintah dan rakyat Afghanistan. Presiden RI Joko Widodo menjanjikan akan membangun fasilitas kesehatan senilai Rp16 miliar. Demikian keterangan pers Kemlu RI, Senin (24/4) yang diterima MINA.

Janji tersebut disampaikan Presiden pada saat kunjungan Presiden Afghanistan Mohammad Ashraf Ghani, ke Indonesia pada tanggal 5-6 April yang lalu.

“Pembangunan fasilitas kesehatan ini pun akan mendorong komitmen pemerintah Indonesia untuk membangun fasilitas lainnya seperti perpustakaan dan guest house,” ujar Arief.

Arief juga berkesempatan bertemu dengan para pengurus Masjid As-Salam di Kompleks IIC dan tetua masyarakat yang tinggal di lingkungan sekitar mesjid.

Dalam diskusinya bersama masyarakat setempat, Dubes RI menyampaikan pentingnya penguatan silahturahmi antara Indonesia, dalam hal ini pihak KBRI Kabul dengan masyarakat Afghanistan, terutama dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi.

Pembangunan Indonesia Islamic Center dimaksudkan untuk menunjukkan peran Indonesia dalam proses perdamaian dan rekonsiliasi di Afghanistan dengan harapan dapat membantu meningkatkan kapasitas pendidikan dan kesehatan serta menjembatani perbedaan antaretnis maupun pemahaman agama di Afghanistan.

Secara tidak langsung, hal tersebut juga akan meningkatkan citra Indonesia di mata pemerintah dan masyarakat Afghanistan serta meningkatkan hubungan bilateral kedua negara. (L/R04/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)