Indonesia Bantu Kendaraan Medis Bagi Pengungsi Palestina di Yordania

Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto menyerahkan sebuah kendaraan medis ke kamp pengungsi Palestina di Talbiyah di pinggir kota Amman (foto: dok/KBRI Amman)

​​Amman, MINA – Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto menyerahkan sebuah ke kamp di Talbiyah di pinggir kota Amman yang menampung sekitar 25.000 pengungsi.

Sebuah unit kendaraan medis yang diserahkan tersebut merupakan inisiatif dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang bekerja sama dengan Jordan Hashemite Charity Organization (JHCO) dan Medical Aids for Palestine (MAP) untuk mengumpulkan dana dari sejumlah industri farmasi dan makanan di Indonesia.

Dana yang terkumpul disumbangkan dalam bentuk sebuah kendaraan medis bagi kamp pengungsi Palestina di Talbiyah.

Selain itu juga akan diserahkan bahan-bahan pokok, perlengkapan musim dingin serta peralatan kesehatan untuk kamp-kamp pengungsi Palestina lainnya, demikian siaran pers dari , Kamis (21/11).

Dubes Andy menyampaikan, penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari diplomasi kemanusiaan sebagai salah satu program prioritas KBRI Amman untuk membantu pengungsi di Yordania, baik pengungsi Palestina maupun Suriah.

“Indonesia senantiasa memberikan perhatian dan dukungan terhadap rakyat Palestina, termasuk yang berada di kamp pengungsian,” tegas Dubes Andy.

Selama dua tahun terakhir, KBRI Amman telah melakukan berbagai kegiatan pengumpulan dan penyaluran bantuan kemanusiaan di Yordania dan Palestina, khususnya kepada para pengungsi Palestina.

Misi kemanusiaan KBRI Amman dijalankan melalui kerjasama dengan berbagai kalangan non-pemerintah, termasuk pengusaha, LSM, filantrofis, kampus dan selebritas.

“Ini juga merupakan bagian dari “diplomasi tangan di atas” yang menjadi prioritas dari Pemerintah untuk membantu pihak-pihak yang membutuhkan,” ujar Dubes Andy. (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.