Indonesia di Posisi Pertama Klasemen Sementara ASEAN University Games 2018

Naypyitaw, Myanmar, MINA – Rabu (12/12) berhasil meraih posisi pertama klasemen sementara medali (AUG) tahun 2018 yang berlangsung pada 8-20 Desember 2018, di Myanmar International Convention Center 2, Naypyitaw, Myanmar.

Pada ajang tersebut sebanyak 180 Indonesia yang berasal dari berbagai perguruan tinggi bertanding demi mengharumkan nama Indonesia.

Perolehan sementara sampai Rabu (12/12), Indonesia berhasil meraih 21 medali terdiri dari 9 emas, 5 perak, 7 perunggu.

Ajang olahraga tingkat mahasiswa ini mempertandingkan 17 cabang olahraga, memperebutkan total 1.897 medali, yang terdiri dari 587 emas, 587 perak, dan 723 perunggu. Akan berlangsung sebanyak 201 kompetisi dan diikuti sebanyak 2.078 atlet, pelatih dan manajer dari  negara-negara anggota ASEAN. 

Tim atlet mahasiswa Indonesia yang didampingi Direktur Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Didin Wahidin.

Indonesia mengikuti 13 dari 17 cabang olahraga yang dipertandingkan,  yaitu wushu, badminton, bola voli, renang, catur, sepaktakraw, atletik, dayung, panahan, bola basket, pentaque, karate, dan vovinam.

Pesta olahraga dua tahunan ini, ini  dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Myanmar U Myint Swe, Selasa (11/12), di gedung Wunna Theikdi Sports Complex Indoor Stadium.

Pada sambutan Wakil Presiden U Myint Swe, menyampaikan kepada seluruh peserta agar selalu mengingat tujuan pertandingan yaitu untuk menunjukkan keakraban  dan rasa solidaritas Negara-negara anggota  khususnya generasi muda. 

Pertandingan olahraga juga memberikan kesempatan bagi atlet untuk menunjukkan bakat dalam bidang olahraga di wilayah ASEAN, dan memberikan kesempatan bagi para atlet untuk dapat berinteraksi dan bertukar budaya dengan sesama anggota ASEAN.

Pada akhir sambutannya Wakil Presiden U Myint Swe mengucapan terima kasih kepada seluruh delegasi yang hadir, dan secara resmi membuka ASEAN University Games 2018 ke 19. Acara juga dihadiri oleh Menteri dan Pejabat Negara Myanmar, Duta Besar dan Pejabat dari Negara-negara peserta kompetisi.

Sejak dimulai pada tahun 1980 ASEAN University Games di bawah naungan organisasi ASEAN University Sports Council (AUSC), Indonesia selalu berhasil mendominasi perolehan medali. 

Melalui ajang seperti ini pembinaan atlet Indonesia diharapkan dapat terus berlanjut, memberikan ruang dan  menambah pengalaman bertanding bagi para atlet sehingga ke depannya dapat menambah prestasi dan mengharumkan nama bangsa. (R/R10/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Hasanatun Aliyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.