Indonesia Dorong Kerjasama Maritim ASEAN-India

(dok: Kemlu)

New Delhi, MINA – Indonesia mendorong agar negara-negara ASEAN dan India dapat fokus pada kerja sama maritim yang konkret di kawasan Indo-Pasifik, seperti pada masalah keamanan dan keselamatan maritim, penanganan sampah plastik laut, dan konektivitas maritim.

Hal tersebut disampaikan Direktur Kerja Sama Eksternal ASEAN/Acting Ketua SOM ASEAN-Indonesia, Benny Y.P. Siahaan, pada Pertemuan Ke-21 ASEAN-India Senior Officials’ Meeting (AISOM) di New Delhi, India pada tanggal 11-12 April 2019.

“Mekanisme East Asia Summit yang telah dimiliki ASEAN saat ini akan memudahkan implementasi dan pemajuan kerja sama dimaksud,” kata Benny dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Senin (15/4).

Dalam pembahasan mengenai arsitektur kawasan dan hubungan antar negara-negara besar, ia mengatakan, ASEAN yang saat ini tengah mengembangkan ASEAN Indo-Pacific Outlook menyambut baik komitmen India untuk berkontribusi pada pengembangan arsitektur kawasan Indo-Pasifik.

Dalam hal tersebut, Vijay Thakur Singh, ketua Delegasi India mengapresiasi Indonesia atas inisiatif pelaksanaan Pertemuan High Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation tanggal 20 Maret 2019 di Jakarta yang dinilai bermanfaat dan tepat waktu.

Ia menegaskan, komitmen India untuk menjaga stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan. Kerja sama yang saling menguntungkan senantiasa perlu diutamakan di tengah situasi geopolitik yang dinamis dan upaya negara besar memperebutkan pengaruh di kawasan.

Pertemuan Ke-21 AISOM merupakan pertemuan tahunan Tingkat Pejabat Tinggi antara ASEAN dan India. Pertemuan dipimpin bersama oleh India dan Thailand (selaku negara koordinator kerja sama ASEAN-India) serta dihadiri delegasi negara ASEAN dan India, serta Sekretariat ASEAN.

Beberapa rencana kerja sama konkret telah diusulkan dalam pertemuan, antara lain kerja sama di bidang kemaritiman (blue economy), kebudayaan, iptek, dan rencana kegiatan untuk mengisi Tahun Kerja Sama Pariwisata ASEAN-India pada tahun ini. (R/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)