INDONESIA DORONG THAILAND UNTUK BERINVESTASI

Duta Besar RI di Bangkok Lutfi Rauf membuka seminar “Go Invest Indonesia” di Grand Centara, Bangkok (17/3). Foto: Kemlu
Duta Besar RI di Lutfi Rauf membuka seminar “Go Invest ” di Grand Centara, Bangkok (17/3). Foto: Kemlu

Jakarta, 18 Jumadil Akhir 1436/7 April 2015 (MINA) – Di tengah harmonisnya hubungan dagang Indonesia dengan , Wakil Menteri Luar Negeri, A.M. Fachir menyerukan negara gajah putih itu untuk meningkatkan relasi keduanya dengan .

“Momentum seperti ini harus kita manfaatkan salah satunya untuk diplomasi ekonomi. Apalagi trade balance Indonesia dengan Thailand masih negatif, maka itu Indonesia berharap Thailand berinvestasi lebih banyak lagi di Indonesia,” kata Fachir dalam sebuah kegiatan yang digelar atas kerja sama Kedutaan Besar Repulik Indonesia () di Bangkok bersama pihak Indonesia-Thailand Chambers of Commerce (INTCC), Senin (6/4).

Dalam kegiatan itu, Fachir  menghadiri jamuan makan malam dalam rangka kunjungan rombongan bisnis dan investasi dari Thailand ke Indonesia yang berlangsung dari 6-9 April 2015. Kegiatan tersebut diikuti  sekitar 25 orang rombongan yang terdiri atas para pengusaha berbagai perusahaan terkemuka di Thailand.

“Momentum tidak perlu ditunggu, tetapi harus diciptakan,” kata dalam sambutannya, sebagaimana keterangan pers Kemlu yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Kunjungan bisnis itu merupakan tindaklanjut dari kegiatan seminar “Go Invest Indonesia” pada 17 Maret 2015 di Bangkok yang diadakan oleh INTCC bersama KBRI Bangkok. Hal ini merupakan bentuk usaha memperkuat kerjasama ekonomi melalui Business-to-Business (B to B) dan People-to-People (P to P) yang saling menguntungkan kedua negara.

Indonesia terus mendorong peningkatan investasi Thailand ke berbagai sektor di Indonesia. Investasi Thailand ke Indonesia dalam dua tahun terakhir ini dilaporkan mencapai kenaikan 300% dari 106 juta Dolar AS pada tahun 2013 mencapai lebih dari 318 juta Dolar AS pada 2014.

Investasi Thailand yang sudah masuk ke Indonesia antara lain industri semen, pengolahan makanan, suku cadang mobil, dan lain-lain.

Pihak Thailand memprioritaskan tiga negara sebagai tujuan  investasi luar negerinya  yaitu Indonesia, Myanmar dan Vietnam. Diharapkan melalui kunjungan bisnis Thailand ke Indonesia ini dapat meningkatkan investasi ke berbagai sektor lainnya seperti infrastruktur, IT, rumah sakit, penyimpan dingin, dan lain-lain. (L/R04/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0