Indonesia Dukung Penuh Perdamaian di Timur Tengah Melalui OKI

Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi bertemu dengan Sekjen OKI. (Foto: Kemlu RI)
Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi bertemu dengan Sekjen Iyad Aameen Madani. (Foto: Kemlu RI)

Jakarta, 11 Rabi’ul Akhir 1437/21 Januari 2016 (MINA) – Melanjutkan peran dan kontribusi aktif bagi perdamaian di , Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi, tiba di Jeddah, Arab Saudi (20/1) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Menteri (KTM) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan melakukan pertemuan bilateral dengan Sekjen dan beberapa negara OKI.

KTM OKI yang dilaksanakan Kamis (21/1) akan membahas utamanya tentang perkembangan kawasan, demikian rilis resmi dari Kementrian Luar Negeri RI yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

OKI diharapkan dapat berkontribusi positif dalam membuat keadaan kawasan lebih kondusif, termasuk terkait perkembangan hubungan Arab Saudi dan Iran.

Indonesia menyerukan pentingnya OKI mengambil langkah yang dapat membangun ‘trust‘ atau kepercayaan antarnegara di Timur Tengah.

“Negara anggota OKI harus dapat memberikan energi positif terhadap keadaan di Timur Tengah” merupakan pesan yang ingin disampaikan Menlu Retno pada KTM OKI.

Di Jeddah, Menlu Retno juga direncanakan melakukan beberapa pertemuan bilateral antara lain dengan Sekjen OKI dan Menteri Luar Negeri Pakistan, Turki, Palestina, dan Bangladesh.

Selain membahas perkembangan kawasan, beberapa isu juga akan menjadi perhatian, terkait peningkatan kerja sama bilateral, upaya memerangi radikalisme dan terorisme, serta peningkatan kerja sama dalam menyebarkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin. (T/P008/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.