Indonesia Gemakan Perdamaian di Ukraina

Kyif, 22 Dzulhijjah 1437/24 September 2016 (MINA) -Indonesia kembali turut menggemakan perdamaian di Ukraina melalui Peringatan Hari Perdamaian Dunia yang dilakukan sekaligus dalam rangka memperingati 6 tahun pemasangan Gong Perdamaian Dunia (GPD) asal Indonesia di Park Mira (Taman Perdamaian) kota Kremenchuk, provinsi Poltava, 21 September 2016.

Delegasi KBRI dipimpin oleh Kuasa Usaha a.i. KBRI Kyiv, Yusran Hadromi, didampingi oleh Norwin Anwar, Counsellor Fungsi Pensosbud, serta 5 orang mahasiswa Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia Kyiv National University of Taras Shevchenko yang dikawal oleh Ima Normalia Kusmayanti, M.A., dosen BIPA bantuan dari Universitas Telkom Bandung, turut meramaikan rangkaian kegiatan perdamaian di kota Kremenchuk, Ukraina yang tergarap atas kerjasama Pemda Kremenchuk dan KBRI Kyiv.

Baca Juga:  Wapres Akan Buka Ijtima Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia VIII

Berdasarkan laman resmi Kementrian Luar Negeri RI, di kantor Walikota delegasi KBRI disambut oleh Walikota, Mr. Vitaliy Maletskiy dan bertemu walikota yang didampingi para pejabat Pemda Kremenchuk, antara lain Wakil 1 Walikota, Mr. Volodymyr Pelipenko, Wakil 2 Walikota, Mr. Ruslan Protsenko, Wakil 3 Walikota, Mrs. Olga Ushanova, Kepala Komisi Pendidikan DPRD Kremenchuk, Mr. Gennadiy Moskalik, dan Direktur Kremenchuk Invest, Mr. Andriy Melnyk.

Dalam pertemuan ini, Yusran Hadromi atas nama KBRI menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Mr. Vitaliy Maletskiy sebagai Walikota Kremenchuk; menyampaikan terima kasih atas hubungan kerjasama dan persahabatan yang telah terjalin selama 15 tahun dan berharap kerjasama yang baik dapat terus berlanjut.

Baca Juga:  LPS Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Longsor Luwu

Selanjutnya, KUAI RI menyampaikan juga rasa optimisnya terkait kerjasama ekonomi berkat kunjungan Presiden Ukraina Petro Poroshenko ke Indonesia awal Agustus 2016 lalu dan pemberian bebas visa kunjungan ke Indonesia dari pemerintah Indonesia.

Sementara itu, walikota menyampaikan terima kasihnya atas upaya-upaya yang telah dilakukan oleh KBRI dalam mendekatkan hubungan antara pemda dan rakyat Kremenchuk dengan Indonesia. Pertemuan diakhiri dengan pertukaran cendera mata dan foto bersama.

Upacara Peringatan 6 Tahun Pemasangan GPD asal Indonesia sekaligus Peringatan Hari Perdamaian Dunia berlangsung pada pukul 10.00 di Park Mira, rayon Avtozavodskiy, di mana GPD dipasang, diawali dengan parade perdamaian oleh masyarakat dan pelajar dari berbagai sekolah.

Baca Juga:  Relawan UAR Kalbar Ikut Pelatihan Tanggap Bencana

Upacara dihadiri oleh delegasi KBRI, jajaran pejabat Pemda Kremenchuk, kaum veteran PD II dan sekitar 800 warga dan kalangan pelajar.

Dalam pidatonya, KUAI RI, atas nama pemerintah RI menyampaikan terima kasih kepada pemda dan warga Kremenchuk atas hubungan persahabatan yang sudah lama terjalin dan mengharapkan agar GPD asal Indonesia dapat membawa kebahagiaan dan perdamaian bagi Ukraina, khususnya bagi masyarakat Kremenchuk.

Sementara itu, Walikota Kremenchuk, Vitaliy Maletskiy dalam pidatonya menekankan pentingnya arti perdamaian saat ini khususnya bagi Ukraina yang saat ini sedang dilanda konflik bersenjata, serta menggariskan perlunya belajar toleransi dari Indonesia.(T/P008/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: illa