INDONESIA IKUT SERTA DI WORLD BOOK FAIR 2014

New Delhi, 15 Rabi’ul Akhir 1435/15 Februari 2014 (MINA) – Indonesia ikut serta, untuk pertama kalinya, dalam Pameran Buku Dunia di New Delhi  yang tanggal 15-23 Februari 2014, antara lain menampilkan buku-buku Islam terbitan Penerbit Mizan.

Pameran tersebut sebelumnya digelar tiap 2 tahun sekali  sejak 1972. Seiring dengan semakin banyaknya jumlah pengunjung, sejak 2013 India memutuskan untuk menggelar pameran buku dunia ini setiap tahun. Untuk pameran buku dunia tahun ini, Polandia digandeng sebagai peserta tamu negara kehormatan.

Tak kurang dari 1.070 penerbit India dan 28 penerbit luar negeri termasuk Indonesia akan meramaikan pameran buku terbesar di wilayah Asia Pasifik dan Afrika tersebut, KBRI New Delhi melaporkan dalam website resmi pemerintah yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dubes RI untuk India, Rizali W. Indrakesuma, sebagai penggagas partisipasi perdana Indonesia dalam pameran buku dunia di India mengharapkan momen tersebut akan terus dijaga.

“Ke depan kita harapkan IKAPI dan lebih banyak penerbit dari Indonesia tertarik untuk ikut pameran buku dunia ini”, ujar Rizali di sela-sela pertemuan persiapan keikutsertaan Indonesia.

Salah satu pertimbangan Indonesia, menurut Rizali, adalah potensi besar di bidang bisnis dan pendidikan sebagai manifestasi hubungan kerjasama bilateral RI-India, antara lain peluang kerja sama penterjemahan buku-buku Indonesia dan India oleh penerbit kedua negara.

Sementara itu, Atase Pendidikan KBRI New Delhi, Son Kuswadi menyampaikan KBRI New Delhi akan mewakili stand Indonesia pada pameran buku yang akan dihadiri oleh lebih dari 1 juta pengunjung. Buku-buku di stand Indonesia akan diisi oleh IKAPI dan penerbit Mizan.

“Selain buku, stand Indonesia juga akan mengenalkan kemajuan lembaga pendidikan di tanah air sehingga masyarakat India mengetahui kemajuan yang telah dicapai Indonesia di bidang perbukuan dan pendidikan,” jelas Son Kuswadi.

India sendiri memang dikenal sebagai salah satu pusat perbukuan dunia. Negara asal Mahatma Gandhi ini mampu menerbitkan buku-buku dengan harga yang dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Setiap tahunnya terdapat sekitar 12.000 perusahaan yang menerbitkan 90.000 judul buku dalam 18 bahasa di India. 

Dengan jumlah penerbit dan animo masyarakat yang sangat besar terhadap buku-buku bacaan, tidaklah mengherankan Pameran Buku Dunia di New Delhi diramalkan akan menjadi sangat bergengsi dan tidak kalah dengan pameran buku dunia yang diselenggarakan di Eropa maupun Amerika.(T/P03/IR)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0