Indonesia – India Jalin Kerjasama Sebarkan Islam yang Damai

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Wapres Mohammad Hamin Ansari saat berkunjung ke India. (foto: setpres)

New Delhi, 13 Rabiul Awwal 1438/13 Desember 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan, dan India akan bekerjasama untuk menyebarkan Islam yang damai.

ini dibahas Presiden Joko Widodo saat menerima kunjungan Wakil Presiden India Mohammad Hamin Ansari di Kamar Kepresidenan, The Leela Palace Hotel, Senin, (12/12).

“Kerjasama untuk menyebarkan Islam yang damai dan rahmatan lil ‘alamin ini di lakukang karena Alhamdulillah Wakil Presiden India juga beragama Islam,” terang Retno Marsudi dalam keterangan pers  dikutip MINA.

Kalau kita lihat Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar, tambahnya, maka India adalah negara nomor dua dengan penduduk muslim terbesar karena 170 juta penduduknya beragama Islam.

Kunjungan Presiden Joko Widodo ke India merupakan kali pertama. Kunjungan ini sekaligus menjadi kunjungan balasan atas kedatangan Perdana Menteri India di Indonesia pada 2013 dan kunjungan Wakil Presiden India Mohammad Hamim Ansari.

Menurut Retno, Wakil Presiden Ansari sudah pernah berkunjung ke Indonesia pada November 2015 lalu. Saat itu, Ansari juga mengadakan pertemuan resmi dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ansari juga sempat berkunjung ke Masjid Istiqlal, menjadi pembicara pada kuliah umum dan meresmikan patung Mahatma Gandhi di Bali.

Tiba di India pada Senin (12/12) kemarin, Presiden disambut dengan upacara penyambutan kenegaraan oleh Presiden India Pranab Mukherjee dan Perdana Menteri India Narendra Modi. Selama di India, Presiden melakukan pertemuan bilateral dengan PM Narendra Modi di Hyderabad House, bangunan yang digunakan khusus untuk pertemuan dengan tamu negara.

Selasa ini, Presiden dijadwalkan akan bertemu dengan 20 CEO dari perusahaan terkemuka India. Menurut Retno, tujuan dari pertemuan ini adalah agar para pengusaha India yang sudah berinvestasi atau bekerjasama dengan pihak Indonesia dapat menjaga kesinambungan kerja samanya.

Dalam pertemuan itu, Presiden didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Duta Besar Indonesia untuk India Rizal Wilmar Indrakesuma. (T/Ima/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.