Indonesia International Book Fair 2023 Resmi Dibuka

(Doc. Istimewa)

Tangerang, MINA – Pameran akbar (IIBF) 2023 hari ini, Rabu (27/9) di Hall 1 ICE BSD, kabupaten Tangerang, Banten.

Pameran buku yang juga menjadi ruang pertemuan antara penulis dan pembaca buku Tanah Air berlangsung selama 5 hari berturut-turut mulai 27 September hingga 1 Oktober mendatang.

Pameran buku yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia () ini merupakan gelaran yang ke-43 kalinya dengan tagline “it’s time to read”, dan didaulat sebagai pameran buku tertua di Tanah Air.

Ketua IKAPI, Arys Hilman Nugraha mengatakan pameran buku merupakan salah satu ikhtiar untuk membuka lebar-lebar akses terhadap bahan bacaan.

“Kehadiran Indonesia International Book Fair menjadi upaya bangsa untuk meningkatkan indeks literasi masyarakat Indonesia,” katanya.

Lebih dari 100 narasumber dan 50 acara diselenggarakan sepanjang penyelenggaraan IIBF. Sejak pameran perdana yang digelar pada 1980, IIBF tak gentar melawan berbagai rintangan termasuk pandemi covid dan sempat membuat perhelatan terhenti sementara waktu.

“Seperti dalam Undang Undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan, penerbit bertanggung jawab untuk melahirkan karya berupa buku-buku yang bermutu. Pemerintah mendukung upaya ke arah itu dengan memberikan pembinaan profesi maupun manajemen organisasi,” sambungnya.

kali ini menghadirkan Korea sebagai Guest of Honour (Tamu Kehormatan) sekaligus bertepatan dengan peringatan 50 tahun hubungan persahabatan Indonesia-Korea. Sebagai negara yang maju, masyarakat Korea sudah memiliki daya baca yang tinggi dan akses digitalisasi yang kuat.

Wakil Duta Besar Korea untuk Indonesia Park Soo Deok turut memberikan kata sambutannya di acara pembukaan IIBF. Kaligrafer asal Korea, Kang Byung In juga menampilkan aksinya dalam membuat kaligrafi dari atas panggung utama.

IIBF 2023 juga menampilkan 150 penerbit dan lembaga di industri perbukuan serta pegiat literasi hingga siswa-siswi turut meramaikan pameran. (L/R11/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.