Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Indonesia Jadi Debutan Terbaik, Korsel Pertama Kalinya Gagal ke Olimpiade

Lailatul Mukarromah - Jumat, 26 April 2024 - 20:10 WIB

Jumat, 26 April 2024 - 20:10 WIB

9 Views

Doha, MINA – Lolosnya timnas U-23 Indonesia ke semifinal Piala Asia U-23 2024 membuat Garuda Muda sah menjadi salah satu debutan terbaik dalam sejarah turnamen untuk partisipasi pertama kalinya di turnamen kelompok usia ini.

Pasukan binaan Shin Tae-yong lolos ke semifinal dengan menyingkirkan raksasa Asia, timnas U-23 Korea Selatan secara dramatis dan membanggakan dalam partai perempat final di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4) dini hari, Indonesia menang via adu penalti.

Babak tos-tosan ditempuh setelah tak ditemukan pemenang sampai akhir waktu normal dan extra time dengan skor 2-2. Gol-gol Indonesia berasal dari torehan brace Rafael Struick.

Penyerang kelahiran Leidschendam, Belanda, membuka skor pada menit ke-15. Struick menggetarkan jala gawang Korsel melalui tembakan memukau dari luar kotak penalti. Aksi pemain ADO Den Haag itu merupakan gol pertama yang diderita tim negeri ginseng di Piala Asia U-23 2024.

Baca Juga: Nurjanah Hulwani: Anak-Anak Kita Harus Mengenal Masjid Al-Aqsa

Di babak adu penalti, butuh dilakukan 21 tembakan hingga eksekusi Pratama Arhan menentukan kemenangan timnas Indonesia.

Hasil ini memperbarui sejarah yang sebelumnya dicatat Indonesia. Dari lolos pertama kali ke perempat final, Garuda Muda kini melesat sampai semifinal pada momen debutnya.

Jelas ini sebuah pencapaian spesial karena menjadikan Indonesia salah satu debutan terbaik dalam sejarah Piala Asia U-23.

Sebelumnya, cuma ada satu negara yang mampu langsung melesat ke semifinal pada keikutsertaan pertamanya. Mereka ialah timnas U-23 Qatar pada edisi 2016 silam.

Baca Juga: Atlet Muslim Perkuat Barongsai Aceh, Sabet 7 Medali di PON XXI

Dengan hasil ini, Korea Selatan harus mengubur mimpinya mencatatkan penampilan ke-10 berturut-turut di panggung Olimpiade Paris 2024. Sebaliknya, Merah Putih punya peluang yang kian terbuka untuk tampil dalam gelaran multi-event terakbar dunia.

Adapun Timnas Indonesia U-23 kini perlu melewati fase semifinal atau setidaknya finis sebagai peringkat 3 Piala Asia U-23 2024 jika ingin mendapat tiket langsung menuju Olimpiade di Prancis.

Jika kalah dalam duel empat besar dan perebutan medali perunggu, Garuda Muda harus memanfaatkan kesempatan terakhir lewat jalur play-off antar konfederasi dengan menghadapi Guinea yang sudah lebih dulu finis di urutan 4 dalam AFCON U-23, Juli 2023 lalu.

Pada babak semifinal nanti, timnas U-23 Indonesia akan menghadapi Uzbekistan atau Arab Saudi. Uzbekistan vs Saudi akan saling bentrok di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (26/4) malam. []

Baca Juga: Menlu Retno Titip Palestina ke Komisi I DPR

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport
MINA Sport