Indonesia Jadi Tujuan Pertama Lawatan PM Mahathir

Jakarta, MINA – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengatakan, menjadi tujuan pertama lawatan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad yang dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada Kamis (28/6) sore.

“Rencananya akan dijemput langsung oleh Presiden Joko Widodo. PM Mahathir akan berada di Indoensia hingga Jumat (29/6),” ujar Arrmanatha pada press briefing di Jakarta.

Ia menjelaskan, PM Mahathir dan Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan di Istana Bogor. Adapun beberapa isu yang akan menjadi perhatian pertemuan tersebut diantaranya megenai kerja sama ekonomi, perdagangan, dan investasi.

“Selain itu, yang akan menjadi perhatian pertemuan tersebut yakni mengenai perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI), mengingat sekitar 2,5 juta WNI berada di Malaysia,” ujarnya.

Arrmanatha menambahkan, beberapa isu global dan ASEAN juga akan menjadi topik pembahasan pertemuan tersebut.

Pada 2017, total perdagangan bilateral keduanya mencapai Rp257 triliun, meningkat 22 persen jika dibandingkan dengan 2016. Sehingga, Malaysia menjadi mitra terbesar ketujuh secara global dan ketiga di ASEAN, setelah Singapura dan Thailand.(L/R04/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.