Indonesia-Jepang Sepakat Tingkatkan Bantuan ke Palestina

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono dalam pertemuan ‘The 6th Strategic Dialogue Indonesia-Jepang’. Pertemuan berlangsung di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin (25/6) pagi.

Dalam pernyataan pers bersama, kedua menlu juga menyepakati pentingnya mendorong kerja sama Selatan-Selatan dan Triangular untuk memperkuat dukungan pembangunan di Palestina dan negara-negara di kawasan Afrika melalui Forum Tingkat Menteri CEAPAD yang akan berlangsung di Bangkok.

“Kami sepakat untuk meningkatkan bantuan ke Palestina melalui kerja sama selatan-selatan dan triangular, yaitu melalui pertemuan CEAPAD yang akan berlangsung di Bangkok. Kami bertolak ke Bangkok pada tanggal 27 Juni mendatang,” kata Retno.

Retno menambahkan, pertemuannya dengan Menlu Taro bertujuan untuk meningkatkan kerja sama bilateral kedua negara yang mencakup bidang politik dan keamanan, ekonomi, perdagangan dan investasi, people to people contact, serta penjajakan peluang kerja sama strategis kedua negara.

Pertemuan dua menlu ini bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang. Jepang merupakan mitra kerja sama strategis Indonesia dan kedua menlu memahami pentingnya peningkatan kerja sama di bidang investasi, khususnya di bidang infrastruktur.

Saat ini, Jepang tercatat sebagai investor terbesar kedua di Indonesia dengan nilai investasi USD5 miliar pada 2017. Ditinjau dari nilai perdagangan, neraca kedua negara pada 2017 meningkat sebesar 13,54 persen dari 2016, yaitu mencapai USD33,03 miliar.

Selain membahas mengenai Palestina dan perkembangan hubungan kedua negara, Retno dan Taro juga turut membahas mengenai situasi di kawasan Laut China Selatan, situasi di Semenanjung Korea dan juga soal perubahan iklim. (R06/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

=====
Dapatkan berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Jangan lupa juga ikuti berita terkini dari MINANEWS di Google News, klik di sini.