Indonesia Kampanye Mega Islamic Bank Ke Arab Saudi

Foto: KBRI Riyadh

Riyadh, MINA – Dalam rangka mendapatkan dukungan untuk menjadi tuan rumah Mega Islamic Bank/World Islamic International Bank (MIB/WIIB), delegasi Pemerintah yang dipimpin Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia Mardiasmo, telah melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Keuangan Arab Saudi Hamad Bin Sulaiman Al Bazai di Riyadh.

Duta Besar Republik Indonesia Agus Maftuh Abegberiel yang turut mendampingi delegasi Indonesia menyampaikan, Indonesia sebagai negara utama di dunia Islam sangat pantas menjadi tuan rumah MIB/WIIB yang nantinya akan menjadi salah satu bank alternatif yang dapat memberikan akses pembiayaan infrastruktur bagi negara berkembang, khususnya di dunia Islam.

Dengan menjadi tuan rumah bagi MIB/WIIB, Indonesia dapat memberikan kontribusi yang lebih besar kepada dunia internasional. Demikian keterangan pers Kemu RI yang dikutip MINA, Senin (29/1).

Indonesia secara faktual adalah negara berpenduduk Muslim terbesar dunia dan termasuk 20 besar kekuatan ekonomi dunia.

Selain itu Indonesia juga mempunyai reputasi positif di dunia internasional atas peran aktifnya menjaga perdamaian dunia melalui diplomasi. Dalam hal ini Indonesia meminta pandangan dan dukungan dari Arab Saudi sebagai negara sahabat yang mempunyai kedekatan hubungan bilateral,” ujar Agus.

Selain membahas rencana pembentukan MIB/WIIB, dalam pertemuan bilateral tingkat wakil menteri keuangan tersebut, dibahas juga mengenai upaya peningkatan kerja sama bilateral kedua negara pascakunjungan Raja Salman pada bulan Maret tahun lalu. Saat itu telah ditandatangani 11 Memorandum Sa​ling Pengertian. (R/R04/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.