Indonesia Kembali Ajak Negara-negara di Dunia Dukung Palestina

Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri RI tahun 2018. Fot0: Nidiya/MINA

 

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P Marsudi kembali mengajak negara-negara di dunia agar terus memberikan dukungan bagi Palestina.

“Dunia merespon dengan tepat di mana mayoritas negara dunia masih melihat isu Yerusalem secara jernih, dan hal ini tercermin dari hasil voting di Sidang Umum PBB, New York, 21 Desember 2017,” tegas Menlu Retno dalam acara Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) di Jakarta, Selasa (9/1).

Menlu Mengatakan, sikap Indonesia mengenai Palestina, termasuk status Yerusalem sudah sangat jelas, tegas dan konsisten sesuai panggilan Konstitusi.

“Sikap yang konsisten ini juga ditegaskan pada KTT Luar Biasa OKI di Istanbul, 13 Desember 2017 lalu,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dukungan Indonesia untuk Palestina tidak hanya berupa dukungan politik namun juga dukungan ekonomi dan kerja sama teknis.

“Khusus di bidang ekonomi, Indonesia menerapkan “zero tariff” untuk sejumlah produk Palestina ke pasar Indonesia. Tahun ini juga, Indonesia akan meningkatkan kerja sama de-salinasi air dan kesehatan,” jelasnya.

Menlu Retno kembali menegaskan bahwa Palestina ada di jantung politik luar negeri Indonesia, dan di setiap helaan napas diplomasi Indonesia, di situ terdapat perjuangan untuk Palestina.

Acara PPTM 2018 ini beberapa diantaranya dihadiri oleh Duta Besar negara sahabat, Pimpinan Organisasi Internasional, serta Pimpinan Komisi I DPR.

Serangkaian acara PPTM 2018 telah berlangsung sejak Senin (8/1) dengan dibukanya pameran kinerja capaian Kementerian Luar Negeri RI dalam tiga tahun terakhir ini.(L/R04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)