Indonesia Lampaui Target 45 Emas di SEA Games 2019

Jakarta, MINA – Kontingen Indonesia berhasil meraih emas ke-46 pada hari kedelapan penyelenggaraan SEA Games 2019.

Jumlah 45 emas yang menjadi target kontingen Merah Putih pada pesta olahraga negara Asia Tenggara ke-30 sudah dilampaui ketika SEA Games masih menyisakan empat hari lagi. Demikian keterangan tertulis yang diterima MINA, Sabtu (7/12).

Peraih emas ke-45 bagi kontingen Indonesia yaitu karateka Krisda Aprilia yang turun di nomor kata individu putri. Krisda mengalahkan karateka asal Vietnam, Nguyen Thi Phuong yang harus puas dengan medali perak. Sementara perunggu diraih Sarah Panglinan (Filipina), dan Monischa Tararattanakul (Thailand).

Krisda menyumbangkan emas kelima bagi Indonesia pada Sabtu (7/12). Tak lama setelah Krisda, Ahmad Zigi Zartesta Yuda pun meraih emas ke-46 bagi Indonesia dari cabor karate nomor kata individu putra.

Sebelumnya keping emas Indonesia pada akhir pekan ini diraih atlet modern pentathlon, pasangan Dea Salsabila Putri dan Frada Saleh Harahap, dari nomor beach laser run campuran. Disusul duet Marjuki dan Spens Stuber Mehue dari cabang olahraga kano di nomor ganda putra 200 meter.

Indonesia juga menambah emas dari cabor dayung nomor ganda putra atas nama Ferdiansyah dan Denri Al Ghifari. Sementara ganda putri Beatrice Gumulya/Jessy Rompies mendulang emas dari arena tenis.

Emas pertama bagi kontingen Indonesia dipersembahkan tim polo air putra sebelum acara pembukaan SEA Games 2019 berlangsung. Setelah itu, atlet-atlet dari berbagai cabor pun menyumbang emas untuk kontingen Indonesia.

Kontingen Indonesia sempat menempati peringkat kelima kemudian menanjak ke posisi ketiga dan menghuni posisi runner up pada Jumat (6/12).

Hingga Sabtu siang pukul 13.50 WIB, Indonesia sudah mengumpulkan 46 emas dan menempati peringkat kedua. (R/LM/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)