Indonesia Maju ke Semifinal Piala AFF U-19 Usai Tekuk Vietnam

Sidoarjo, MINA – Bertanding dalam laga penentuan melawan di Grup A 2018 pada Sabtu malam (7/7), Timnas Indonesia sukses lolos ke semifinal usai menang 1-0.

Berlaga di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, para pemain Indonesia dan Vietnam bermain imbang tanpa gol hingga waktu tersisa 10 menit terakhir.

Pertahanan kokoh Indonesia dan tampil sempurnanya kiper Muhammad Riyandi di bawah mistar gawang membuat para pemain Vietnam tidak memiliki celah menciptakan satu pun gol.

Untuk lebih menambah variasi dan kekuatan daya serang tim Garuda Muda, pelatih Indra Sjafri menarik keluar Luthfi Kamal pada menit ke-49 dan memasukkan bintang asal Papua, Todd Rivaldo.

Keputusan itu ternyata tepat, karena Todd yang memiliki skill individu yang baik mampu membongkar pertahanan Vietnam dengan tariannya di lapangan. Namun, belum juga menunjukkan hasil.

Kembali pelatih Sjafri menarik Feby Eka dan memasukkan Muhammad Rafli pada menit ke-66.

Pada kemudiannya, Todd dan Rafli menjadi bintang terciptanya gol tunggal dalam pertandingan itu.

Todd yang bergerak lincah meliuk ke kanan dan ke kiri membawa bola serta melewati lebih dari lima pemain Vietnam di wilayah pertahanan, kemudian mengeksekusi bola dengan baik ke sisi gawang sehingga tidak terjangkau oleh kiper Yelinie, namun, tembakan bagus Todd dihadang oleh mistar gawang.

Kemudian bola jatuh tepat pada Rafli yang dengan sempurna ditendang masuk ke gawang Vietnam. Skor 1-0 bagi Indonesia.

Hasil itu kemudian bertahan yang memenangkan Indonesia sekaligus meloloskan Garuda Muda ke babak semifinal.

Hasil itu membuat para pemain Indonesia menangis haru di lapangan.

Di babak grup ini, Indonesia tinggal menyisakan laga melawan tim kuat Thailand. (L/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)