Indonesia – Perancis Berkomitmen Terus Tingkatkan Upaya- Upaya Perdamaian

Bangkok, 14 Muharam 1437/15 Oktober 2016 (MINA) – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P Marsudi telah melakukan pertemuan dengan Secretary of State for European Affair dari , H.E. Harlem Desir, di sela-sela Pertemuan ke-21 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand.

Pada pertemuan bilateral tersebut kedua Menteri selain mendiskusikan beberapa isu yang diangkat pada ASEAN-EU ke-21 juga membahas beberapa isu bilateral yang menjadi kepentingan kedua negara. Salah satunya adalah penguatan kerja sama dalam rangka menjaga .

Berdasarkan rilis resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Sabtu (15/5), Perancis menyampaikan apresiasinya terhadap peran aktif dalam menjaga perdamaian dunia, termasuk dalam persiapan pelaksanaan International Peace Conference yang digagas oleh Perancis.

Sebagai salah satu komitmen Indonesia di bidang misi perdamaian dunia, Indonesia akan hadir dalam High Level Ministerial Event on Peacekeeping in a Francophone Environment di Perancis.

Acara tersebut rencananya akan diadakan pada tanggal 26-27 Oktober 2016 di Paris, Perancis dan membahas mengenai Peacekeeping Missions serta kaitannya dengan pengembangan komunikasi berbahasa Perancis bagi personel PBB dan kontingen peacekeeping.

Indonesia dan Perancis memiliki mekanisme bilateral dalam bentuk Forum Konsultasi Bilateral (level Menteri), Indonesia – France Defense Dialogue, JWG on Higher Education, JWG on Tourism, dan JWG on Energy.

Nilai perdagangan bilateral kedua negara adalah US$ 2,3 miliar pada 2015, adapun investasi Prancis di Indonesia pada 2015 mencapai US$ 131,6 juta dalam 197 proyek, dan jumlah wisatawan Perancis ke Indonesia mencapai 202.651 jiwa pada 2015.(T/P008/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.