Indonesia Resmi Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Bern, MINA – Indonesia secara resmi mencalonkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 setelah Dubes RI untuk Swiss, Muliaman D. Hadad, menyerahkan surat asli Presiden RI kepada Presiden International Olympic Committee (IOC), Mr. Thomas Bach, di Bern.

“Ini momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas Indonesia sebagai negara besar. Tentu saja pengalaman Indonesia di tahun 2018 lalu menyelenggarakan Asian Games, patut menjadi bahan pertimbangan,“ ujar Dubes Hadad dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (19/2).

Sementara Erick Thohir, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) membenarkan pencalonan tersebut dan yakin bahwa Indonesia akan siap.

“Jika ditanyakan kesiapan, saya yakin Indonesia akan siap. Buktinya, kita mampu menggelar Asian Games 2018 meski hanya memiliki dua tahun tiga bulan persiapan,” kata Erick.

Menurutnya, langkah selanjutnya setelah pengajuan resmi itu adalah Indonesia harus lebih sering menggelar single event bertaraf internasional sebagai ajang persiapan.

‘Salah satunya, di cabang bola basket dengan Indonesia jadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang untuk Piala Dunia Bola Basket 2023,” tambah Erick.

Indonesia sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 merupakan kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia, utamanya sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan anggota G-20.

Sebelumya, Presiden RI secara lisan dan tulisan telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade kepada Presiden IOC waktu berkunjung  ke Indonesia tahun 2018 lalu dan mendapatkan respon positif.

Sementara itu, Mr. Christophe Dubi selaku Executive Director IOC juga menyampaikan respon yang positif terhadap aplikasi Indonesia tersebut dan berupaya untuk bekerjasama lebih lanjut selama proses pemilihan tuan rumah Olimpiade berlangsung.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada tahun 2024 yang akan datang.

Sementara Tokyo, Paris, dan Los Angeles masing-masing telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028.​ (R/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)