Indonesia Resmi Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Jakarta, MINA – resmi setelah Konfederasi Sepakbola Asia () hanya mempertimbangkan Korea Selatan dan Qatar sebagai  calon tuan rumah event tersebut.

Sebelumnya, Indonesia disebut mencalonkan diri untuk menjadi tuan rumah ajang sepakbola antarnegara Asia terakbar tersebut. Namun, Datuk Windsor Paul John selaku Sekretaris Jenderal AFC mengonfirmasi bahwa Indonesia tidak masuk pertimbangan, melainkan Korsel dan Qatar saja. Demikian keterangan tertulis, Sabtu (15/10)

Sebagai informasi, penentuan tuan rumah Piala Asia 2023 akan dilakukan melalui voting. Rencananya, pekan depan AFC akan mengumumkan siapa yang terpilih untuk dipercaya menjadi tuan rumah.

“Kami belum menentukan. Keputusannya akan diambil dalam meeting Hari Senin (17/10) dan pada sore harinya akan ada pengumuman resmi negara mana yang akan terpilih menjadi tuan rumah,” ujar Datuk Windsor dilansir dari Media Malaysia, Arena Metro, Sabtu (15/10).

Selain itu, Datuk Windsor pun mengatakan waktu diselenggarakannya Piala Asia 2023 akan menyesuaikan dengan kondisi cuaca negara yang terpilih. Hal tersebut diperlukan agar para pemain yang berkompetisi dapat menunjukan kemampuan terbaiknya.

“Jika Korea terpilih, Piala Asia akan digelar Bulan Juli karena cuacanya cocok, tidak terlalu dingin atau tidak terlalu panas,” ucapnya.

“Andai Qatar yang terpilih, Piala Asia akan digelar Januari 2023 karena saat itu di sana tidak terlalu panas,” tambahnya.

Meski begitu, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengapa Indonesia pada akhirnya tidak masuk ke dalam pencalonan tuan rumah. Salah satu dugaan bahwa Tragedi Kanjuruhan menjadi salah satu penyebabnya, yang telah menewaskan 132 korban jiwa.

Selain itu, ketidaksiapan stadion di Indonesia juga disebut sebagai salah satu penyebabnya. Pasalnya, masih banyak stadion di Indonesia yang disinyalir masih belum memenuhi standar (R/R11/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)