Indonesia Sambut Palestina Jadi Anggota Baru Dialog Kerjasama Asia

(foto: Kemlu)

Qatar, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno L.P Marsudi menghadiri pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Asia Cooperation Dialogue (ACD) Ke-16 yang bertema “Partners in Progress” di Doha, Qatarm Rabu (1/5).

Pertemuan tersebut dihadiri para menteri dan pejabat tinggi dari 34 negara anggota ACD guna membahas upaya peningkatan kerja sama berbagai isu serta kepentingan secara konkrit dan tidak kalah penting. ACD kali ini merupakan momentum bersejarah menyepakati bergabungnya negara anggota baru, .

“Kerjasama ACD harus konkrit. Artinya, bisa dirasakan manfaatnya oleh rakyat di negara-negara Asia, dan sanggup jawab tantangan jaman,” tegas .

Beberapa hal yang disepakati dalam pertemuan tersebut antara lain: pentingnya peningkatan kerja sama dalam bidang energi untuk mewujudkan ketahanan, aksesibilitas, dan praktik berkelanjutan di bidang energi.

PTM ACD Ke-16 juga menyepakati berbagai upaya untuk memajukan ACD antara lain penyusunan struktur dan mekanisme baku terkait Sekretariat ACD, sinergi antara ACD dengan forum regional lain.

“Saya menegaskan kembali komitmen Indonesia sebagai co-prime mover ACD di bidang energi dengan memajukan kerja sama pengembangan energi terbarukan. Hal ini sejalan dengan kebijakan nasional terkait pendayagunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT),” ungkap Menlu Retno.

Untuk itu, Indonesia menjadwalkan untuk menyelenggarakan ACD Ministerial Meeting on Renewable Energy, di Indonesia pada paruh kedua 2019. Pertemuan ini diharapkan dapat menciptakan peluang kerja sama pengembangan EBT diantara negara-negara ACD, termasuk investasi dan pengembangan kapasitas.

Di sela-sela PTM ACD, Menlu RI juga berkesempatan mengadakan pertemuan dengan Menlu Thailand dan Menlu Malaysia, guna mengkoordinasikan langkah ketiga negara guna mendorong agar kerjasama dalam kerangka ACD menjadi lebih efektif.

Selain itu, dalam kapasitas bilateral, Menlu RI juga berkesempatan untuk mengadakan pertemuan dengan Menlu Qatar, antara lain untuk menjajaki peluang kerjasama di bidang pengiriman tenaga medis dan paramedis profesional dan terlatih dari Indonesia. (R/Sj/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.