Indonesia Siap Gelar Piala Dunia Panjat Tebing 2022 di Jakarta

Piala Dunia Panjat Tebing 2022. (Foto: Instagram Fpti)

, MINA – Indonesia siap menggelar Piala Dunia Panjat Tebing Dunia 2022 (ISFC World Cup) yang akan berlangsung di kawasan SCBD, Jakarta, 24-26 September mendatang.

Indonesia akan pertama kali menyelenggarakan turnamen Piala Dunia Panjat Tebing dengan dua nomor dipertandingkan speed dan lead. Demikian keterangan tertulis yang diterima MINA, Selasa (13/9).

Pada persiapannya, tim merah putih akan mengerahkan 42 atlet yang terdiri dari 22 atlet speed dan 20 atlet lead.

Dari dua kategori tersebut, nomor speed berisikan 12 atlet putra dan 10 atlet putri, sedangkan nomor lead 10 atlet putra dan 10 atlet putri.

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid mengatakan tak ada kendala dalam persiapan menuju Piala Dunia Panjat Tebing mendatang.

“IFSC percaya Indonesia dan FPTI mampu menjadi tuan rumah event internasional, kami memiliki kapasitas dan pengalaman dalam menyiapkan event olahraga dunia,” ujar Yenny Wahid dalam jumpa pers di kawasan Senayan, Jakarta.

Adapun para peserta yang akan berpartisipasi pada Piala Dunia Panjat Tebing tahun ini, terdapat 197 atlet yang berasal dari 27 negara.

Namun, Yenny yakin Indonesia bisa mendulang hasil positif terutama pada nomor speed yang para atletnya diakui dunia.

“Atlet-atlet Indonesia selama ini cukup mendominasi di kejuaraan-kejuaraan dunia. Yang membanggakan, yang cukup melegenda Ari Susanto, kalau yang sekarang Veddriq Leonardo yang memecahkan rekor dunia pada tahun lalu.”

Vedrriq memang menjadi salah satu tumpuan tim Indonesia pada piala dunia panjat tebing ke depan.

Pasalnya, Veddriq pernah mencetak rekor dunia saat bertanding pada kompetisi internasional, IFSC Boulder World Cup 2021 di Amerika Serikat.

Veddriq Leonardo mencetak rekor tersebut pada babak final, ketika dirinya bersaing dengan sesama atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin.

IFSC Climbing World Cup 2022 merupakan edisi ke-34 dari rangkaian kompetisi panjat tebing internasional yang diselenggarakan oleh International Federation of Sport Climbing. (R/R11/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.