Indonesia Siap Selenggarakan Festival Buah dan Bunga Nusantara Skala Internasional

Jakarta, 2 Sya’ban 1437/9 Mei 2016 (MINA) – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, Tahun ini telah siap menyelenggarakan () berskala Internasional di Kota Bogor pada 17-20 November 2016.

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Pertanian yang didampingi Rektor IPB Herry Suhardiyanto, pada acara Peluncuran FBBN Internasional 2016 di Jakarta di Kementerian Pertanian, Senin (9/5).

“FBBN bertaraf internasional merupakan perintah Presiden Jokowi secara langsung kepada Menteri Pertanian dan Institut Pertanian Bogor, agar Indonesia pada tahun 2016 mampu mengadakan kampanye Buah dan Bunga Nusantara kepada masyarakat dunia,” kata Adi Amran dalam keterangan resmi kepada Miraj Islamic News Agency (MINA).

Andi mengatakan, dalam kegiatan tersebut nanti akan memamerkan produk-produk unggulan yang berpotensi ekspor dan mendatangkan buyerinternasional dari berbagai negara.

“FBBN bertaraf Internasional diselenggarakan dengan mengeksplorasi kekayaan buah dan bunga nusantara dan mempromosikan potensi ekspornya ke mancanegara – sebagai bagian dari program Gerakan Revolusi Oranye”, kata Andi.

Ia menyebutkan, Gerakan Revolusi Oranye adalah gerakan pengembangan buah nusantara secara revolusioner dalam skala perkebunan.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IPB Herry Suhardiyanto mengatakan, FBBN Internasional ini, bertujuan untuk meningkatkan jumlah dan kapasitas produsen dan eksportir, dalam memproduksi dan memasarkan buah dan bunga Nusantara berkualitas ekspor.

“Membantu meningkatkan kesadaran akan standar kualitas ekspor dan kebutuhan pasar bagi para produsen dan eksportir buah dan bunga Nusantara,” kata Herry Suhardiyanto.

Selain itu, Lanjut Herry, untuk meningkatkan kualitas, jumlah, konsistensi dan kesinambungan dari produk buah dan bunga Nusantara yang berkualitas ekspor. Serta untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman buah dan bunga Nusantara, serta potensinya ke pasar global.

Adapun jenis-jenis kegiatan Internasional yang akan dilaksanakan yaitu Exhibition, Novelty (Innovative Product), Business Matchmaking, Export Business Coaching, dan Conference. Sedangkan Program Nasional yaitu Fruit Contest, Fruit and Floriculture Room Decoration Contest, Fruitpreneur Got Talent, Sales Exhibition, Carnival, Various Competitions.

FBBN Internasional 2016 akan menghadirkan 500 International Trade Visitor, yang akan berasal dari kalangan Bisnis Internasional (Importir/Distributor/Wholesaler/Agent/Retailer), Manufacturing produsen makanan dan minuman olahan, Asosiasi atau Kamar Dagang Negara Tujuan Ekspor, Institusi Pemasaran Internasional, serta Institusi Kerjasama Perdagangan Internasional.

Negara-negara yang akan hadir meliputi negara ASEAN (sembilan negara), Asia (Cina, Japan, Taiwan, South Korea), Timur Tengah (UAE, Saudi Arabia, Qatar, Kuwait, Yordania), Australia dan Selandia Baru, Eropa, dan Amerika

Sebanyak 10.000 pengunjung dalam negeri akan menghadiri acara ini, berasal dari berbagai kalangan, baik pelaku usaha buah dan bunga nusantara, segar maupun olahan, termasuk berbagai sarana penunjangnya, Institusi Pemerintah, maupun Masyarakat Umum.

Direncanakan Presiden akan memberikan Piala Presiden bagi Pemenang Kontes Buah Nusantara dan Piala Ibu Negara bagi pemenang Kontes Dekorasi Ruang Buah dan Bunga Nusantara.(L/P010/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)