Indonesia-Taiwan Terus Perdalam Kerja Sama di Berbagai Bidang

Jakarta, MINA – Hubungan antara Taiwan dan Indonesia berada pada prinsip saling menguntungkan, kedua pihak negara terus memperdalam kerja sama di berbagai bidang seperti pertanian, investasi perdagangan dan pengembangan bakat. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (TETO) Indonesia John C. Chen pada peringatan Hari Nasional Taiwan atau disebut dengan Hari Sepuluh Kembar (Double Tenth Day) ke-107 di Jakarta, Selasa (9/10).

Jhon Chen menjelaskan, pada bidang pertanian, Taiwan dan Indonesia kini melaksanakan berbagai program diantaranya “Zona Panduan Pertanian Karawang” dan program “Benih Padi Unggul” untuk membantu petani setempat meningkatkan kuantitas dan kualitas produk pertanian, sehingga meningkatkan kesejahteraan petani Indonesia.

“Dalam bidang ekonomi perdagangan, investasi langsung Taiwan di Indonesia mencapai AS$ 397 juta pada tahun 2017, meningkat dua kali lipat dari tahun 2016. Volume perdagangan bilateral mencapai AS$ 8,1 miliar dengan pertumbuhan sebesar 15,7%,” tambahnya. 

Sementara itu, di bidang pengembangan bakat,  ia mengatakan, jumlah mahasiswa Indonesia di Taiwan meningkat dari 5.200 menjadi 7.200 pada tahun 2018, menjadikan Indonesia sebagai sumber mahasiswa asing terbesar keempat di Taiwan. 

“Selain memberikan banyak beasiswa kepada Indonesia, pemerintah Taiwan juga memberikan banyak kesempatan dalam pendidikan dan pelatihan di bidang terkait seperti pertanian, mesin dan perawatan kesehatan kepada masyarakat Indonesia,” ujarnya. 

”Kami percaya bahwa di bawah promosi Kebijakan Baru ke Arah Selatan yang terus menerus, kerja sama yang erat antara Taiwan dan Indonesia akan terus berlanjut,” tambah John Chen. 

Peringatan hari nasional tersebut diselenggarakan oleh TETO yang dihadiri sejumlah pejabat pemerintah, anggota parlemen, korps diplomatik Indonesia, tokoh masyarakat Tionghoa, pengusaha Taiwan, cendekiawan, seniman, media termasuk Pimpinan Kantor Berita MINA dan berbagai lapisan masyarakat lebih dari 1.000 orang menghadiri acara ini.(L/R04/R01) 

Mi’raj News Agency (MINA)