Indonesia Tuan Rumah Pertemuan Parlemen se-Asia Tenggara

(KabarParlemen)

Jakarta, 24 Jumadil Awwal 1438/22 Februari 2017 (MINA) – Indonesia melalui Badan Kerja Sama Antar (BKSAP) akan menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota organisasi antar parlemen Asia Tenggara ()

Menurut Ketua BKSAP Nurhayati Ali Assegaf, pertemuan yang akan dihadiri anggota AIPA terdiri dari Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam itu akan diselenggarakan pada Juli 2017 ini.

“Ketika kita menjadi tuan rumah, yang jelas kita harus bisa bermanfaat, tidak hanya bagi DPR RI tapi juga bagi rakyat Indonesia,” ujar Nurhayati di ruang kerja Ketua BKSAP, Nusantara III Jakarta, Rabu (22/2), demikian keterangan pers yang diterima MINA.

AIPA yang bisa juga disebut dengan Parlemen Regional , lewat agenda-agenda yang diselenggarakanya bertujuan untuk mencapai kesejahteraan negara-negara anggota ASEAN.

“Nah bagaimana kita bisa meningkatkan kapasitas ASEAN untuk bisa mencapai kesejahteraan, tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk negara-negara ASEAN. Ini yang kita harapkan,” ujar Nurhayati.

Dia juga menyampaikan, Indonesia akan mendorong AIPA bisa menjadikan ASEAN selevel Uni Eropa. “Jadi kita bersatu, kita sudah menjadi masyarakat ekonomi ASEAN,” ungkap Nurhayati.

Saat berbincang dengan Sekjen AIPA Isra Sunthornvut, Nurhayati juga menyampaikan bahwa tema yang akan menjadi tajuk pertemuan adalah keamanan maritim. “Keamanan maritim di regional, itu menjadi tema yang kita bahas,” ucapnya.

AIPA merupakan organisasi antar parlemen se-Asia Tenggara dengan misi khusus untuk mendukung program kerja dan cita-cita ASEAN Vision 2020 yang meliputi ASEAN Community 2015 dan terdiri dari ASEAN Economic Community, ASEAN Political-Security Community, dan ASEAN Socio-Cultural Community. (T/R01/P02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.