Indonesia-Yordania Sepakat Bantu Palestina

Jakarta, 28 Jumadil Awwal 1437/7 Maret 2015 (MINA) –  Di sela-sela pertemuan KTT Luar Biasa OKI ke-5, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Hasan bin Thalal, Senin (7/3).

Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua negara sepakat untuk membantu , memperbaharui kebijakan Internasional yang berkaitan dengan Palestina.

Selain itu, -Yordania bekerjasama dalam pemberantasan radikalisme dan penyimpangan agama dengan menampilkan pilar agama yang rahmatan lil ‘alamin.

Setelah sebelumnya Presiden Jokowi dan Raja Yordania  bertemu di KAA yang ke-60 22 April 2015 di Jakarta, kedua negara telah sepakat meningkatkan hubungan perdagangan dan memberantas radikalisme.

Indonesia menjadi tuan rumah KTT Luar Biasa ke-5 OKI tentang Palestina dan Al-Quds Al-Sharif, 6-7 Maret. Pertemuan internasional ini dihadiri oleh 605 delegasi dari 57 negara dan dua dari organisasi internasional. Sekitar 600 wartawan meliput ajang akbar ini.

KTT LB OKI ini dilaksanakan karena dilatarbelakangi berbagai konflik di Timur Tengah yang membuat perhatian kepada Palestina dan Al-Quds makin menurun, sementara proses negosiasi perdamaian antara Palestina dan Israel tidak menunjukkan kemajuan berarti.

Otoritas dan pemukim ilegal Israel terus menggunakan kekerasan yang melampaui batas terhadap warga sipil Palestina dan membatasi akses mereka ke Masjid Al-Aqsha.

Konferensi ini digelar sebagai sikap negara-negara OKI terhadap perkembangan tersebut. Dengan tema “United for a Just Solution”, KTT LB OKI 2016 mencoba mendorong pesan persatuan baik bagi rakyat Palestina maupun bagi negara-negara OKI, serta meningkatkan perjuangan Palestina melalui PBB dan badan-badan multi nasional lainnya.(L/P008/P013/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.