Inggris Beri Ucapan Terima Kasih Atas Peran Turki Bagi Pengungsi Suriah

London, MINA – Inggris secara resmi mengucapkan terima kasih atas peran Turki dalam usaha menjaga keamanan regional dan krisis pengungsi Suriah, Rabu (19/9).

Hal ini disampaikan oleh Menteri Inggris untuk Timur Tengah Alistair Burt saat kunjungannya ke Turki.

“Turki adalah teman lama yang penting bagi Inggris. Saya senang karena dapat berterima kasih kepada pemerintah Turki untuk perannya di garis terdepan dalam menanggulangi krisis pengungsi Suriah,” kata Burt dalam sebuah pernyataan di situs web pemerintah Inggris, demikian Anadolu Agency melaporkan dikutip MINA.

Burt yang mengunjungi Gaziantep, Istanbul dan Ankara bertemu dengan perwakilan pemerintah Turki untuk membahas upaya mencegah bencana kemanusiaan di provinsi Idlib, Suriah.

“Kami didorong oleh perjanjian antara Turki dan Rusia untuk menghindari serangan militer pemerintah Suriah dan sekutunya,” kata Burt.

“Perjanjian ini, jika dilaksanakan sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional akan membantu menghindari bencana kemanusiaan,” tambahnya.

Dalam kunjungan tersebut, Burt bertemu dengan Ibrahim Kalin, Penasihat Utama Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Wakil Menteri Dalam Negeri, Ismail Catakli.

Selain berterima kasih kepada pemerintah Turki karena peran pentingnya dalam mendukung lebih dari 3,5 juta warga Suriah yang terlantar akibat konflik, kunjungan itu juga membahas strategi agar Inggris dan Turki dapat terus bekerja sama.

Burt juga bertemu dengan anggota lembaga kemanusiaan “White Helmets”, kelompok pertahanan sipil pemenang Hadiah Nobel Perdamaian yang bekerja tanpa lelah untuk melindungi kehidupan warga sipil yang terperangkap dalam konflik di Suriah.

“Selama kunjungan, saya mendapat kesempatan istimewa untuk bertemu dengan para anggota White Helmets dan kami berterima kasih kepada mereka atas layanan, keberanian, dan pengorbanan mereka yang telah menyelamatkan lebih dari 115.000 jiwa penduduk Suriah,” katanya.

Burt mengatakan, dia juga sangat terkesan dengan karya inovatif Hala Systems, sebuah inisiatif bantuan yang  didanai Inggris.

Hala Systems memberikan peringatan dini serangan udara yang masuk melalui bebrapa media sosial seperti Watsapp. (T/Ast/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)