Inggris Dukung Israel Tapi Kritik Pembangunan Permukiman

Menteri Luar Negeri Inggris bertemu Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Rabu, 8 Maret 2017 di Yerusalem. (Foto: Kobi Gideon/GPO)

 

Ramallah, 10 Jumadil Akhir 1438/9 Maret 2017 (MINA) – Dalam kunjungannya ke Israel dan wilayah Palestina yang diduduki, Menteri Luar Negeri Inggris Boris Johnson menegaskan dukungan negaranya kepada otoritas Yahudi itu, tapi ia juga mengkritik pembangunan permukiman ilegal di Tepi Barat.

Pernyataan Johnson disampaikan dalam sebuah wawancara dengan sebuah surat kabar Israel The Jerusalem Post yang diterbitkan Kamis (9/3), demikian The New Arab memberitakannya yang dikutip MINA.

Sebelumnya pada hari Rabu di Ramallah, Johnson menekankan kepada pemerintah Palestina bahwa kebijakan pemerintahan Inggris “benar-benar tidak berubah” dan mereka tetap berkomitmen untuk mendukung solusi dua negara.

Solusi dua negara yang berarti pembentukan negara Palestina yang damai berdampingan dengan Israel adalah tujuan kebijakan utama dari masyarakat internasional.

Namun, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump selaku sekutu kuat Israel telah melemparkan ketidakpastian atas komitmen negaranya dengan ide solusi satu negara.

Hal itu Trump sampaikan ketika ia bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Gedung Putih pada bulan Februari lalu.

Prospek solusi satu negata membuat pemerintah Palestina khawatir, karena kemungkinan besar Israel tidak akan memberikan hak yang sama antara orang Yahudi dan Arab.

Masyarakat internasional menganggap, melanjutkan pertumbuhan permukiman ilegal di Tepi Barat yang diduduki adalah suatu hambatan yang besar untuk perdamaian. (T/RI-1/R01)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.