Inggris Umumkan Bantu 87 Juta Pound untuk Rohingya

London, MINA – Pemerintah Inggris mengumumkan alokasi dana segar senilai 87 juta pound untuk mendukung pemerintah Bangladesh dan rencana respon bersama PBB untuk para pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar.

Komisi Tinggi Inggris di Dhaka pada Ahad (22/9) mengatakan, dana tambahan itu akan digunakan untuk menyelamatkan nyawa warga Rohingya dengan menyediakan makanan, air, tempat tinggal, pendidikan, pelatihan, dan konseling guna membantu membangun kembali kehidupan mereka.

Sementara itu, sebanyak 20 juta pound akan dialokasikan untuk mengurangi dampak ekonomi dan lingkungan terhadap masyarakat tuan rumah akibat kedatangan pengungsi Rohingya. Demikian Anadolu Agency melaporkan.

Sejak Agustus 2017, Inggris telah menyediakan dana bantuan senilai 226 juta pound untuk Rohingya.

Komisi Tinggi mengatakan, Inggris bekerja sama dengan pemerintah dan para mitranya dalam komunitas internasional, donor bilateral lainnya di PBB.

“Tujuan kami adalah menemukan solusi untuk krisis ini sehingga warga Rohingya dapat secara sukarela kembali ke Myanmar dengan aman dan bermartabat. Dan kami terus berkomitmen untuk memastikan bahwa kondisi diberlakukan di Negara Bagian Rakhine untuk memungkinkan pengembalian terjadi,” bunyi pernyataan itu.

Komisi itu mengatakan, Inggris juga sangat menyadari dampaknya terhadap komunitas lokal di Cox’s Bazar. (T/R03/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)