Ini 5 Muslimah Indonesia Sukses Jadi Pengusaha Fashion

Ilustrasi (Foto: Freepik @tirachardz)

Indonesia, dengan penduduk muslim terbesar dunia dan memiliki keberagaman budaya, telah menjadi medan subur bagi perempuan Muslim untuk mengejar impian mereka dalam dunia bisnis.

Terlepas dari tantangan dan hambatan, banyak Muslimah telah menunjukkan bahwa mereka dapat menjadi pengusaha sukses sambil tetap setia pada nilai-nilai agama dan budaya mereka.

Peluang tersebut dimanfaatkan oleh sejumlah pengusaha perempuan Indonesia untuk berbisnis di bidang fashion.

Berikut ini daftar 5 muslimah yang sukses jadi pengusaha di bidang fashion:

  1. Ria Miranda

Ria Miranda adalah salah satu desainer sekaligus pengusaha perempuan muslim di Indonesia. Ria Miranda mulai merintis karirnya sebagai desainer sejak tahun 2009. Mengawali karir sebagai fashion stylist, Ria membuka brand busana muslim miliknya dengan nama RiaMiranda.

Bisnis Ria terus melaju, hal tersebut dilatarbelakangi oleh pendidikan Ria sebagai lulusan sarjana ekonomi sekaligus lulusan sekolah mode ESMOD. Keren.

2. Dian Pelangi

Dian Pelangi pernah tercatat dalam deretan Forbes 30 Under 30. Pencapaian tersebut bermula dari kesediaan Dian untuk menjaga toko busana milik ibunya.

Ia yang baru lulus dari sekolah mode ESMOD kemudian berkreasi menciptakan desain baru dari usaha milik ibunya. Dalam berkreasi, Dian menyukai warna-warna yang cerah. Hal itu masih dilakukan Dian sampai sekarang.

Kini Dian memiliki butik dengan nama Dian Pelangi yang berada di Indonesia, Malaysia, dan Dubai.

3. Mediana Zein

Medina Zein adalah salah satu pengusaha dengan banyak unit usaha, seperti Jannah Corporation yang bergerak di bidang kuliner yang kita kenal dengan nama “kue artis”, bisnis skincare, juga tour dan travel.

4. Jehara Nasution

Perempuan yang akrab disapa Jehan ini sukses menjadi desainer busana muslim karena kerja kerasnya sendiri. Ia tidak menggaet nama ibunya, Ida Royani, dalam membangung karirnya.

Pada tahun 2006, Jehan merancang brandnya sendiri untuk dipasarkan, sayangnya pasar busana muslim kekinian belum seluas saat ini. Selain itu Jehan juga harus membagi konsentrasinya untuk mengurus keluarga sehingga hal tersebut harus tertunda.

Di tahun 2011, ia kemudian melanjutkan mimpinya. Hingga kini, karya-karya Jehan telah berhasil dipamerkan di pasar internasional seperti Milan, Thailand, dan Hongkong.

5. Diajeng Lestari

Istri dari Achmad Zaky, pendiri BukaLapak, adalah pengusaha startup busana muslim dengan nama Hijup.

Hijup bermula dari sulitnya mencari pakaian muslim yang unik dan trendi. Dengan menggaet banyak desainer lokal, Diajeng mendirikan sistem penjualan yang terintegrasi melalui Hijup.

Kini Hijup telah berhasil merambah pasar internasional seperti Singapura, Malaysia, Brunei, dan London.

Itulah lima pengusaha perempuan muslim asal Indonesia yang sukses meniti karirnya di bidang fesyen, seperti dikutip dari Amartha. Meski mengalami sejumlah tantangan sebelumnya, mereka yakin bahwa muslimah dapat maju dan sukses jadi pengusaha. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Zaenal Muttaqin

Editor: Widi Kusnadi