Ini Daftar Harga Kambing Qurban Terbaru dan Tips Memilihnya

Warga-Gaza-Persiapkan-Hewan-Qurban
Kambing layak qurban adalah yang sehat dan cukup umur (Foto: Dok. MINA)

Hari raya Idul Adha yang disebut juga sebagai hari raya qurban, sudah makin dekat. Pada hari Idul Adha dan tiga hari setelahnya yang disebut hari tasyrik, merupakan hari-hari yang dimuliakan.

Amalan yang paling utama dan disukai Allah Subahanahu wa Ta’ala, pada saat hari Idul Adha dan hari tasyrik adalah melakukan penyembelihan hewan qurban.

Bagi yang akan melaksanakan ibadah penyembelihan qurban, mulai saat ini dapat menyiapkan biaya untuk membeli hewan kurban, baik sapi maupun kambing.

Berikut ini ada informasi terbaru tentang harga kambing yang layak untuk kurban. Harga kambing kurban 2024 berbeda-beda tergantung jenis dan bobotnya.

Mengutip dari laman Taniku, harga kambing qurban 2024 dimulai dari Rp 1.600.000 sampai Rp 3.850.000.

Baca Juga:  PBNU Terima Delegasi Sekolah Tinggi Pertahanan Inggris

Berikut rinciannya:

– Kambing jantan bligon dewasa: Rp 3.850.000

– Kambing betina bligon dewasa: Rp 2.000.000

– Kambing jantan jawa dewasa: Rp 2.650.000

– Kambing betina jawa dewasa: Rp 1.600.000

Bagi yang berminat juga dapat membeli kambing qurban di pasar-pasar hewan atau melalui lembaga penyalur zakat dan infak.

Lembaga penyalur zakat dan infak itu biasanya akan memfasilitasi pembelian, dan juga bertanggung jawab menyalurkan daging qurban ke masyarakat.

Lembaga penyalur qurban tersebut untuk harga tahun 2024 ini rata-rata untuk kambing dengan bobot 27-29 kg ditawarkan seharga Rp 2.900.000 per ekor.

Ada juga lembaga penyalur yang menawarkan dengan harga bervariasi sesuai dengan bobotnya.

Berikut rincian harga kambing qurban :

Baca Juga:  Seminar Penguatan Guru di Jaksel Dukung Anti-Perundungan

– Kambing medium: Rp 2.500.000 per ekor (bobot 26-28 kg).

– Kambing premium: Rp 3.000.000 per ekor (bobot 29-33 kg).

– Kambing standar: Rp 2.050.000 per ekor (bobot 23 – 25 kg).

Saat membeli kambing qurban, perlu memastikan bahwa hewan tersebut telah memenuhi ketentuan yang diatur tentang syarat hewan qurban.

Berikut tips memilih kambing yang bagus untuk qurban:

1. Pastikan Tidak Cacat

Syarat utama hewan qurban adalah sehat dan tidak cacat. Periksa bagian tubuh kambing dengan seksama. Pastikan kakinya tidak pincang, matanya tidak buta, atau tidak ada bagian tubuh yang terpotong.

2. Pilih Kambing yang Lincah

Dikutip dari situs Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan (BPMSPH), kambing yang sehat ditandai dengan gerakan yang aktif dan lincah. Sebaliknya, kambing yang sakit cenderung jarang bergerak, lemas, dan lebih banyak tidur.

Baca Juga:  Kemendikbudristek: Perubahan UKT Hanya untuk Mahasiswa Baru

2. Periksa Bagian Hidung dan Mulut

Selain dilihat dari gerak-geriknya, kambing yang sehat juga bisa dilihat dari penampilan. Periksa hidung kambing untuk memastikan tidak ada lendir yang berlebihan.

Sebelum dibeli, perlu juga memeriksa kondisi mulut kambing. Hindari membeli kambing yang banyak mengeluarkan liur atau mulutnya berbintil-bintil. Sebab, itu merupakan gejala Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. []

 

Mi’raj News Agency (MINA)