Ini Keseharian Pria AS yang Meninggal Karena Selamatkan Muslimah

Ricky Best (53) dan Namkai Meche (23) tewas ditikam karena berusaha melindungi wanita Muslim di kereta Portland, Negara Bagian Oregon, AS. (Foto: dok. Heavy.com)

 

Portland, 2 Ramadhan 1438/28 Mei 2017 (MINA) – Dua pria bernama Ricky Best (53) dan Namkai Meche (23) ditikam dan akhirnya meninggal dunia di sebuah kereta di kota Portland, Negara Bagian Oregon, Amerika Serikat (AS) setelah mencoba menghentikan seorang pria yang hendak menyerang berhijab.

Kronologis kejadian bermula saat dua gadis remaja, salah satunya berbusana Muslimah, naik sebuah kereta di Portland. Menurut saksi mata, pelaku Jeremy Joseph Christian (35) mulai bertingkah saat melihat sang gadis yang memakai hijab, dan melontarkan perkataan yang anti Islam.

Christian juga sempat meneriakkan “Semua Muslim harus mati!” saat tiga orang pria, Ricky, Namkai dan seorang pria tidak dikenal berusaha menolong dua gadis yang menjadi target pelecehan Christian.

Namun, Christian berbalik menerkam mereka yang hendak menolong sehingga terjadi perkelahian dan Christian menusuk kedua pria dan melukai satu orang lainnya.

Ricky, korban tewas, saat itu sedang dalam perjalanan pulang ketika insiden terjadi. Dia telah menghabiskan 23 tahun bertugas di Angkatan Darat Amerika Serikat, pensiun pada 2012, menurut situs Oregon Willamette Week. Sejak 2015, ia pernah bekerja di City of Portland.

Rekannya, Kareen Perkins, mengatakan kepada media Oregon Live bahwa Ricky adalah “orang pertama yang bisa dimintai pertolongan.”

Sementara korban tewas lainnya, Namkai, sedang berbicara di telepon dengan tantenya saat kejadian. Sebelumnya, tante Namkai mendesak pria lulusan ekonomi itu untuk memfilmkan apa yang terjadi di kereta saat Christian mulai melontarkan kata-kata kebencian.

“Saya tidak bermaksud membuatnya menjadi pahlawan dan terbunuh, tapi dia berusaha melindungi dua gadis remaja tersebut,” kata tantenya saat diwawancara di sebuah televisi nasional.

Sementara itu, Hudson, ibu dari gadis Muslimah itu menyampaikan penghargaan tinggi dan ucapan terima kasihnya kepada ibu Namkai dan Ricky yang telah menjadi “ibu dari para pahlawan.”

Korban lain yang terluka, Micah David-Cole Fletcher, saat ini masih berada di rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Walikota Portland Ted Wheeler mengatakan “tindakan berani dan tidak mementingkan diri” dari ketiga pria tersebut “harus menjadi contoh dan inspirasi bagi kita semua untuk menjadi orang yang baik”. (T/RE1/P2)
Mi’raj Islamic News Agency (MINA)