Inovasi Pelayanan Kesehatan Warga, Anies Resmikan PJT RSUD Tarakan

Jakarta, MINA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, , didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti dan Direktur Utama , Dian Ekowati, pada Selasa (28/9) meresmikan pusat Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat

Peresmian itu sebagai wujudd inovasi pelayanan kesehatan terhadap warga, khususnya yang membutuhkan pertolongan dalam penyakit jantung.

Anies menerangkan, menurut data Dinas Kesehatan, penyakit jantung iskemik adalah penyakit jantung yang menyebabkan kematian nomor satu di Jakarta. Oleh karena itu RSUD Tarakan, bergerak dalam menyiapkan sebuah solusi, dengan adanya Pelayanan Jantung Terpadu ini.

Anies juga mengingatkan, angka statistik terkait data riwayat penyakit jantung di Jakarta memang sangat penting untuk dipantau. Hal ini berguna dalam mengetahui pelayanan kesehatan di Jakarta berjalan dengan baik.

“Dengan hadirnya pelayanan jantung terpadu ini, maka bisa tertangani dengan cepat, dan terselamatkan bila membutuhkan berbagai pelayanan terkait jantung. Pada akhirnya, bukan hanya angka statistik yang kita laporkan, namun intinya respon warga yang terbantu karena adanya pelayanan tersebut yang kita harapkan,” katanya.

Anies berharap fasilitas unit Pelayanan Jantung Terpadu bisa dikelola dan dirawat dengan baik. Selain itu, keberadaan fasilitas ini diharapkan bisa mendorong Pemprov DKI untuk terus melakukan pembenahan, agar pelayanan kesehatan menjadi lebih optimal.

Pelayanan Jantung Terpadu RSUD Tarakan Jakarta merupakan pusat pelayanan jantung RSUD Tarakan dengan konsep one stop service, yaitu pelayanan dari hulu ke hilir dalam satu atap yang didukung oleh dokter spesialis dan sub spesialis.

Pelayanan Jantung Terpadu RSUD Tarakan memberikan pelayanan diagnostik dan tata laksana penyakit jantung, baik secara medikal maupun invasif (bedah dan non-bedah) dengan atau tanpa komorbid maupun komplikasi.

Sebagai rujukan regional, pelayanan kardiovaskular di RSUD Tarakan mencakup poliklinik spesialis jantung, yang dilengkapi dengan berbagai pemeriksaan diagnostik non-invasif seperti MSCT & MRI, tindakan Cath Lab, operasi jantung, serta pelayanan intervensi bedah dan non-bedah, yang didukung dengan ruang perawatan intensif Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) dan Cardiac Thoracic Care Unit (CTCU) dengan alat kedokteran yang canggih dan terkini. (R/R7/RS3)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.