Inovator Inovasi Indonesia Expo 2017 Digelar di Surabaya

Jakarta, MINA – Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan menggelar Inovator Inovasi Indonesia Expo 2017 di Exhibition Hall Grand City, Surabaya, Jawa Timur selama tiga hari sejak Kamis hingga Ahad (19-22/10).

Pameran ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo dan akan dihadiri oleh aktor-aktor inovasi dari lingkungan pemerintah, lembaga litbang, swasta, dan masayarakat.

Dalam menyukseskan acara tersebut, Kemenristekdikti menggandeng PT. Indonesia Klik Kanan Raya sebagai event organizer. Acara tersebut akan dihadiri oleh 457 startup inovasi teknologi.

“Pameran inovasi ini dimaksudkan untuk mengenalkan dan mempromosikan produk-produk inovasi teknologi hasil karya anak bangsa kepada masyarakat luas,” ujar Dirjen Penguatan Inovasi, Jumain Appe kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/10).

Menurut Jumain, pemerintah ingin membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai konsumen produk impor, tetapi mampu menghasilkan produk-produk inovatif yang tidak kalah bersaing dengan produk-produk luar.

Pameran inovasi ini juga merupakan upaya hilirisasi serta komersialisasi hasil riset, dan pengembangan dari para inovator, baik yang ada di perguruan tinggi, lembaga penelitian dan pengembangan (litbang), maupun masyarakat luas.

Pada kesempatan itu, akan ada beberapa kegiatan seperti seminar dan talk show inovasi dengan mengundang pembicara-pembicara skala nasional, business pitching, demo iptek dari Pusat Peragaan IPTEK, kompetisi Inovasi Perguruan Tinggi dan Masyarakat, klinik konsultasi mengenai Hak Kekayaan Intelektual, Standar Nasional Indonesia (SNI), hingga pengawasan Obat dan Makanan.

Kegiatan-kegiatan ini diharapkan mampu memberikan inspirasi dan motivasi pada masyarakat untuk berkreatifitas dan berinovasi, serta bangga dengan produk-produk buatan anak negeri. (L/R06/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)