Insan Mandiri Cibubur Gelar Upacara Peringatan Hari Santri

Cibubur, MINA – Sekolah Insan Mandiri Cibubur pada Jumat (22/10) menggelar upacara hari santri di Lapangan olahraga IMC. Pelaksanaan upacara ini diikuti oleh wali asrama, guru dan siswa Insan Mandiri Cibubur.

Dalam sambutanya, Pembina Upacara Ustadz Arif Afendi menyampaikan beberapa pesan kepada para peserta upacara.

“Pemerintah saat ini mengambil tema besar yaitu “Santri Siaga Jiwa Raga” yang berarti kita harus kembali kepada Revolusi Jihad yang digalakkan oleh KH. Hasyim Asyari, yang mana jihad yang dimaksudkan bukanlah jihad untuk berperang melawan penjajah seperti pada waktu itu, namun jihad yang harus ditegakkan oleh Para santri sekarang adalaha melawan hawa nafsu,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini para santri masih banyak yang sibuk untuk bermain game dan melakukan hal-hal yang sia-sia, jauh berbeda dengan para sahabat di masa Rasulullah yang kala itu usianya masih sangat muda namun kontribusinya terhadap negara dan agama amatlah besar.

Baca Juga:  Ketua Muhammadiyah: Transaksi Judi Online Tahun 2024 Capai Rp.100 Triliun

Ia mengatakan, di antara para sahabat itu adalah Saad bin Abi Waqqash yang mana beliau di usia 17 tahun telah menjadi pemimpin pasukan perang dari Irak melawan Persia. Usamah bin Zaid pada usianya ke 18 tahun juga menjadi pemimpin pasukan perang untuk melawan Romawi.

Selanjutnya Attab bin Usaid menjadi Gubernur kota Makah di usia 18 tahun. Zaid bin Tsabit semenjak usia 11 tahun ia mendaftarkan diri kepada Rasulullah untuk ikut berperang namun kala itu belum diizinkan hingga baru tahun ke 5 ia boleh ikut dalam perang Khandaq.

“Begitulah perjuangan para pemuda kala itu tidak ada yang bersantai-santai dan bahkan membuang-buang waktu. Untuk itu jihad melawan hawa nafsu, melawan dari berucap kotor, melawan dari perbuatan-perbuatan yang tidak berguna harus menjadi spirit santri saat ini. Sehingga menjadi semangat santri untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah subhanallah wata’ala, dan semakin mencintai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam,” katanya.

Baca Juga:  Jama’ah Muslimin Jambi Adakan Tabligh Akbar

Dalam rangka memperingati hari santri, Insan mandiri Cibubur juga menyelenggarakan kajian bersama Ustadz Husein Alattas yang bertempat di Aula Insan Mandiri.

Sebagai informasi, SMPIT-SMAIT Insan Mandiri Cibubur membuka Pendaftaran Peserta Didik baru tahun 2022/2023 melalui jalur beasiswa prestasi. Informasi lengkap dapat di buka di laman website www.insanmandiri.sch.id/beasiswa. (R/R7/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Bahron Ansori