Invasi ke Ukraina Ancam Keluarga Mesir Semakin Sulit Pangan

Ilustrasi: harga roti Mesir naik tinggi. (dok. Daialy New Egypt)

Harga pangan di Mesir yang sudah naik sebelum invasi Rusia ke Ukraina, sekarang semakin mahal karena ekspor gandum Laut Hitam terganggu dan harga global melonjak.

Sekarang roti, bahan pokok simbolis politik di mana banyak orang Mesir sangat bergantung, juga semakin mahal karena ekspor gandum Laut Hitam terganggu dan harga global melonjak.

Itu adalah tekanan keuangan yang menumpuk pada keluarga di Mesir yang telah mengalami penghematan selama bertahun-tahun, di negara tempat hampir sepertiga dari 103 juta penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan resmi dan banyak lagi yang berjuang untuk bertahan hidup.

Pembeli mengatakan, harga sebungkus roti yang tidak disubsidi telah meningkat seperempatnya dalam tiga pekan sejak invasi Rusia ke tetangganya, sementara harga minyak, telur, pasta, dan makanan lain yang banyak dikonsumsi juga naik.

Harga tepung telah meningkat hingga 15 persen, kata Attia Hamad dari Kamar Dagang Kairo.

“Saya makan lebih sedikit sehingga anak-anak saya tidak lapar,” kata Mahmoud Farag (52) yang menghasilkan 1.500 pound Mesir ($95) setiap bulan.

Namun, penghasilannya itu tidak lagi cukup untuk memberi makan keluarganya yang terdiri dari lima orang. Anggaran hariannya untuk roti saat ini hanya mampu membeli delapan roti kecil, bukannya 10.

“Kadang-kadang kami memasak makanan enak setiap tiga hari dalam sepekan, sisanya kami hanya makan sesuatu seperti roti dan keju,” katanya.

Mesir biasanya adalah pengimpor gandum terbesar di dunia, membeli lebih dari 60 persen gandumnya dari luar negeri. Rusia dan Ukraina menyumbang sekitar 80 persen dari impor tersebut tahun lalu.

Sekarang para pedagang berebut untuk mendapatkan pasokan dari tempat lain karena pertempuran di Ukraina dan sanksi terhadap ekspor Rusia.

“Jika saya ingin mencari alternatif, harga akan sangat berbeda,” kata seorang pedagang di wilayah tersebut, menunjuk pada volatilitas dalam kontrak berjangka yang menopang pasar.

Kontrak untuk gandum pengiriman bulan Mei di pasar berjangka yang berbasis di Paris naik hampir 50 persen dari posisi terendah Februari.

Kenaikan harga baru-baru ini juga dapat hampir menggandakan pengeluaran negara tahunan untuk impor gandum menjadi $5,7 miliar dari sekitar $3 miliar, menurut sebuah studi pekan awal Maret ini oleh International Food Policy Research Institute, jumlah yang sulit untuk ditutup oleh pemerintah karena biaya subsidi roti tidak berubah sejak tahun 1980-an, meskipun ukuran roti telah menyusut.

Upaya untuk menaikkan harga roti bersubsidi Mesir pada tahun 1977 memicu kerusuhan, sementara mantan Presiden Hosni Mubarak menghadapi kerusuhan pada tahun 2008 karena kekurangan gandum. Nyanyian utama pemberontakan yang menggulingkannya tiga tahun kemudian adalah “Roti, kebebasan dan keadilan sosial”.

Organisasi internasional seperti Bank Dunia sekarang memperingatkan bahwa melonjaknya harga energi dan pangan dapat memicu kerusuhan sosial seperti di Afrika Utara dan Timur Tengah.

Pemerintah telah mencoba untuk meyakinkan orang Mesir dalam beberapa pekan terakhir bahwa cadangan gandum yang ada dan tanaman lokal akan memenuhi permintaan untuk roti bersubsidi, yang tersedia untuk sekitar dua pertiga dari populasi, setidaknya selama delapan bulan.

Ini juga telah menaikkan biaya petani untuk gandum mereka demi mengamankan lebih banyak tanaman lokal.

Pemerintah juga mengatakan, mereka menganggarkan impor biji-bijian yang lebih mahal, meskipun ada tekanan pada keuangan publik.

Para pejabat mengatakan, reformasi subsidi dapat dimasukkan dalam anggaran 2022/23, yang akan diumumkan bulan ini, meskipun sejauh mana reformasi masih belum jelas.

Gandum untuk semua roti lainnya berasal dari pasar swasta yang sedang berkembang, di mana para pedagang mengatakan bahwa cadangannya lebih rendah.

Setidaknya selusin orang telah ditahan karena dicurigai melakukan penimbunan dan spekulasi, ketika pihak berwenang berupaya melawan lonjakan harga.

Presiden Abdel Fattah al-Sisi pada hari Selasa (15/3) menginstruksikan pemerintah untuk menetapkan harga roti yang tidak disubsidi.

Ekspor gandum, tepung dan makanan lainnya termasuk lentil dan kacang fava telah dilarang selama tiga bulan.

Komoditas yang lebih mahal diperkirakan akan mendongkrak harga di seluruh perekonomian. Inflasi utama dipercepat ke tingkat tertinggi dalam hampir tiga tahun di bulan Februari, dan diperkirakan akan semakin cepat karena konsumen membeli secara massal menjelang bulan suci Ramadhan bulan depan.

Timothy Kaldas, seorang ahli kebijakan di Institut Tahrir untuk Kebijakan Timur Tengah, mengatakan, meskipun tekanan baru dapat memicu frustrasi yang membara atas kondisi kehidupan, itu mungkin tidak akan menghasilkan protes publik, yang sekarang secara efektif dilarang.

“Kami telah melihat orang Mesir juga menanggung tekanan yang luar biasa tanpa turun ke jalan dalam jumlah yang cukup besar,” kata Kaldas. (AT/RI-1/P2)

Sumber: The New Arab

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.