IPB Terima Calon Mahasiswa Penghafal Al-Quran Melalui Jalur PIN

(Foto: KampusUndip,com)

 

Bogor, 11 Rajab 1438/8 April 2017 (MINA) – Institut Pertanian Bogor () memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa baru tahun akademik 2017-2018 yang memiliki kemampuan menghafal al-Quran atau Hafiz al-Quran.

Rektor IPB, Herru Suhardiyanto mengatakan, dalam keterangan pers yang diterima MINA, Sabtu (8/4), secara khusus IPB menerima hafiz dari jalur seleksi Prestasi Internasional dan Nasional (PIN).

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Yonny Koesmaryono mengatakan, calon pendaftar harus mengikuti prosedur dan tatacara seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berlaku di IPB.

Melalu Jalur Seleksi PIN, tambah Yonny, bagi calon mahasiswa yang telah hafal 30 juz akan diapresiasi dengan  nilai tambahan setara prestasi olimpiade tingkat internasional. Sementara  bagi Hafiz minimal 15 juz sampai 29 juz akan diapresiasi setara dengan prestasi olimpiade tingkat nasional.

“Calon mahasiswa yang melamar melalu jalur ini harus menunjukkan bukti yang sah sebagai Hafiz dari lembaga terpercaya dan bersedia diverifikasi hafalannya. Program ini berlaku untuk semua program studi,” terang Yonny.

Yonny menambahkan, Jalur PIN IPB sudah diselenggarakan sejak tahun 1974 dengan nama Jalur Finalis Lomba Karya Ilmiah.  Pada tahun 2000, namanya berubah menjadi Jalur PIN seperti yang dikenal saat ini.

“Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA berprestasi luar biasa dalam kegiatan ekstrakurikuler,  termasuk di dalamnya adalah  Hafiz Al-Quran, untuk menimba ilmu di IPB agar sikap, perilaku dan pengetahuannya dapat berkembang secara optimal,” tutup Yonny. (L/R09/P1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)