Iran Akan Balas, Masukkan Tentara AS Dalam Daftar “Organisasi Teroris”

Tentara AS diberangkatkan ke Afghanistan. (Foto: dok. Seraamedia.org)

Teheran, MINA – Iran akan membalas dengan menempatkan Tentara Amerika Serikat (AS) dalam daftar organisasi teroris (FTO), jika Washington memasukan pasukan elit Garda Revolusi Iran (IRGC) ke dalam daftar itu.

Hal itu dinyatakan dalam pernyataan mayoritas anggota parlemen Iran pada Ahad (7/4), menurut kantor berita nasional IRNA.

“Kami akan menjawab setiap tindakan yang diambil terhadap IRGC dengan tindakan timbal balik,” kata pernyataan yang dikeluarkan oleh 255 dari 290 anggota Parlemen Iran, demikian Telesur melaporkan.

AS sebelunnya mengisyaratkan akan mengecap Garda Revolusi Iran sebagai organisasi teroris asing (FTO), tiga pejabat AS mengatakan kepada Reuters.

“Jadi para pemimpin Amerika sendiri, yang adalah pencipta dan pendukung teroris di wilayah ini, akan menyesali tindakan yang tidak pantas dan konyol mereka dengan memasukkan  Garda Revolusi Iran dalam FTO,” tambah pernyataan anggota parlemen itu.

Heshmatollah Falahatpisheh yang mengetuai Komite Keamanan dan Urusan Luar Negeri  di Parlemen Iran, menjelaskan, segera setelah terjadi Garda dimasukkan dalam FTO, maka   para anggota parlemen akan menempatkan Tentara AS dalam daftar organisasi teroris bersama dengan Islamic State (ISIS).

“Dengan kebodohan ini, tentara Amerika dan pasukan keamanan tidak akan lagi tenang di wilayah Asia Barat,” kata Panglima Garda Revolusi Iran Mohammad Ali Jafari seperti dikutip oleh kantor berita Fars. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)