Iran Bantah Tahan Kapal Tanker Inggris

Teheran, MINA – Pengawal pada Kamis (11/7) membantah tuduhan Amerika Serikat () di hari yang sama bahwa -kapal Iran berusaha menahan kapal Inggris di Teluk pada hari Rabu (10/7), Fars News Agency melaporkan.

“Patroli pasukan angkatan laut Pengawal Revolusi melanjutkan tugas mereka secara rutin dan menjalankan fungsinya dengan ketat. Tidak ada kapal asing, termasuk kapal Inggris yang ditemukan dalam 24 jam terakhir,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Pernyataan itu menambahkan, area kelima dari pasukan angkatan laut Pengawal Revolusi Iran mampu menangkap kapal asing di wilayah geografis yang ditugaskan kepada mereka secara cepat dan tanpa ragu-ragu jika mereka menerima arahan untuk melakukannya.

Para pejabat AS pada hari Rabu mengatakan, lima kapal yang diyakini milik Pengawal Revolusi Iran mendekati sebuah kapal tanker minyak Inggris dan meminta mereka untuk berhenti di perairan teritorial dekat lokasi, tetapi mereka mundur setelah ada peringatan kapal Inggris.

Belakangan, pemerintah Inggris mengatakan, tiga kapal Iran berusaha mencegat kapal Inggris Heritge di Selat Hormuz tetapi gagal melakukannya, lapor Arabi 21.

Perwakilan pemerintah Inggris mengatakan, fregat Montrose mengeluarkan peringatan verbal kepada kapal-kapal Iran, yang kemudian pindah.

Ditambahkan bahwa Inggris merasa prihatin dengan tindakan yang diambil oleh otoritas Iran dan mendesak mereka untuk menenangkan situasi. (T/B05/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)